Connect with us

Kesehatan

Pelukan Berikan Manfaat Menakjubkan Bagi Kesehatan

Published

on

Ilustrasi Berpelukan (deherba.com)

Geosiar.com, Kesehatan – Pelukan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Tak hanya sekedar untuk menunjukkan rasa peduli atau untuk menghibur, pelukan memiliki banyak manfaat yang tidak kita sadari.

Memberikan pelukan tidak hanya dapat menghibur seseorang. Menurut sebuah penelitian pelukan juga memiliki banyak manfaat secara fisiologis sehingga dapat berdampak positif terhadap kesehatan dan suasana hati seseorang, baik yang memberikan atau yang menerima pelukan.

Dilansir dari halaman Standard, Ahad (20/5), Teknisi Senior TMS di klinik Smart TMS Isabel Leming memberitahu manfaat dari pelukan diantaranya sebagai berikut:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Oksitosin juga menyebabkan seseorang merasa lebih rileks, mengurangi ketegangan dan tingkat hormon kortisol atau yang lebih dikenal dengan hormon stres. Hormon ini bertanggung jawab untuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Pelukan dapat menurunkan tingkat ini, sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung.

2. Meredakan kesendirian

Pelukan dapat memberikan lompatan secara instan hormon oksitosin yang dikenal dengan sebutan hormon kepedulian. Hormon ini memiliki manfaat untuk sejumlah kondisi kesehatan mental, termasuk depresi dan kecemasan. Oksitosin adalah neurotransmitter yang bekerja di pusat emosi otak, mendorong perasaan puas, percaya, dan ikatan.

3. Mengatur tanggapan emosional

Memeluk dapat meningkatkan kadar dopamine yang bertanggung jawab untuk mengatur respons emosional yang dialami orang dengan gangguan mental seperti depresi.

4. Merasa lebih baik

Dorongan hormon seperti oksitosin, kortisol, dan serotonin pada akhirnya dapat membuat seseorang merasa lebih baik. Sehingga dapat membantu seseorang yang merasa stres.
Dengan meluangkan waktu untuk memeluk seseorang, meski hanya sebentar, hal itu dapat memberi seseorang merasa tenang dan mengetahui bahwa ada yang mendukung.

5. Mendorong mood

Serotonin merupakan neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati yang berkaitan dengan depresi. Sehingga ketika seseorang memeluk berarti suasana hatinya dapat langsung meningkat hanya dengan melakukan tindakan fisik itu.