Connect with us

Daerah

Manggala Agni dan Komunitas Rumahela Lakukan Pelatihan MPA di Gunung Pusuk Buhit

Published

on

Pelatihan MPA di gunung Pusuk Buhit, Jumat (26/5/2018)

Samosir.Geosiar.com – Sebanyak 60 petugas Masyarakat Peduli Api (MPA) binaan Daerah Operasional (Da Ops) 01 Manggala Agni Aek Nauli Pematang Siantar melakukan pelatihan praktek pemadaman titik api di daerah Mual Simullop Gunung Pusuk Buhit, Jumat (26/5/2018).

Pelatihan MPA itu, setelah satu hari sebelumnya dibentuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan bekerjasama dengan Pemkab Samosir dan komunitas “Rumahela” Pusuk Buhit. Adapun peserta MPA 30 orang direkrut komunitas Rumahela dan 30 orang lagi dari beberapa Kecamatan Kab Samosir.

Menurut kordinator MPA komunitas rumahela Engel Bertha Silalahi yang ikuti memberikan pelatihan dan pengarahan kepada peserta MPA di Pusuk Buhit mengatakan, pembentukan MPA sebagai bentuk kepedulian mengantisipasi kebakaran hutan di kawasan Danau Toba.

Pelestarian pegunungan yang ada di kawasan Danau Toba dinilai akan menimbulkan kembali titik mata air (mata mual) seperti Mual Simullop yang sempat kering karena sering kebakaran hutan.

“Untuk itu lah MPA kita bentuk agar dapat bertugas dengan baik mengantisipasi kebakaran hutan dikawasan Danau Toba khusunya di gunung Pusuk Buhit. Program selanjutnya komunitas Rumahela akan melakukan penanaman sejuta pohon di kawasan guning Pusuk Buhit. Tentu hal itu bentuk dukungan kita terhadap program pemerintah Geopark Kandera Toba menuju Danau Toba daerah wisata tingkat dunia,” ujar Bertha yang aktif sebagai dosen di Jakarta itu.

Sementara itu, Kepala Daerah Opersional (Ka Da Ops) 01 Manggala Agni Aek Nauli, Parasian Sinaga menyampaikan, pelatihan kepada MPA dilakukan arahan dan praktek pemadaman api. Namun kata Parasian Sinaga, petugas Manggala Agni MPA lebih difokuskan kepada kegiatan pencegahan supaya tidak terjadi kebakaran.

“Tugas MPA bukan pemadaman api tetapi pencegah terjadi kebakaran. Harapan kita MPA dapat mensosialisasikan kepada masyarakat akan sadar pengendalian titik api. Saya berharap kinerja MPA sukses bertugas ke depan,” ujar Parasian seraya mengatakan pihaknya akan terus memberikan pembinaan kepada petugas MPA termasuk soal disiplin. (lamru)