Connect with us

Travel

Yogyakarta dengan Objek Wisata Menarik, Sayang Jika Anda Lewatkan

Published

on

Suasana kota Jogja di malam hari (jogja.com)

Geosiar.com, Yogyakarta – Tempat wisata menarik dengan sajian kuliner lezat menjadikan Jogja sebagai kota yang istimewa. Tidak hanya itu, Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata favorit yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berbagai tempat wisata jogja yang bisa dikunjungi. Simak ulasannya berikut ini.

1. Goa Jomblang

Goa yang berada di Gunungkidul ini memang memiliki keunikan dan keindahan yang tidak terbantahkan. Goa yang terbentuk akibat proses geologi ini menawarkan pengalaman wisata yang tidak biasa. Jika goa pada umumnya memiliki bentuk horizontal sedangkan Goa Jomblang berbentuk vertikal dan terletak di bawah tanah. Untuk bisa masuk ke dalam goa ini, Anda diharuskan menggunakan alat-alat keselamatan yang telah disediakan oleh operator setempat.

Bahkan, untuk turun pun Anda akan dikerek menggunakan tali setinggi 60 meter dengan bantuan 3-4 orang dewasa. Eits, tapi bukan hanya itu. Siap-siap terpana karena atraksi sesungguhnya justru ada pada Ray of Light yang muncul dari mulut goa saat matahari tepat berada di atas, menciptakan efek putih terang bak cahaya dari surga.

2. Hutan Pinus Mangunan

Tak jauh dari Kebun Buah Mangunan, terdapat hutan pinus yang menunggu Anda untuk dieksplor. Suasana yang sejuk adalah kesan pertama yang akan Anda rasakan saat menelusuri jalanan berbukit di Hutan Pinus Mangunan ini.

Deretan pohon pinus yang berdiri tegak menjulang melindungi Anda dari paparan sinar matahari. Sepoi angin menelusup dari celah-celah pohon terasa sangat menenteramkan hati. Siapkan perlengkapan fotografi Anda untuk menciptakan komposisi cantik dengan latar deretan pohon pinus dan langit biru.

3. Lava Tour Merapi

Berwisata ke Jogja rasanya tidak lengkap tanpa melakukan Lava Tour Merapi. Menyusuri lereng gunung dengan suguhan pemandangan yang beragam, seperti perkampungan yang rata dengan tanah, hamparan pasir, hingga Gunung Merapi yang berdiri gagah.

Anda juga bisa menikmati sunrise dari kaki gunung yang akan memberikan sensasi berbeda. Semua keseruan itu akan makin terasa saat Anda menaiki Jeep terbuka yang sangat cocok dengan medan lereng Gunung Merapi yang berbatu dan gersang.

4. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan adalah kawasan wisata di Jogja yang hemat bujet. Hal yang paling menarik dari kawasan wisata ini adalah pemandangan pegunungan Sewu serta Sungai Oyo yang menyatu memanjakan mata. Karena lokasi Kebun Buah Mangunan yang berada di ketinggian, maka sudut pandang Anda akan sangat luas dalam menikmati pemandangan tersebut. Datanglah ke tempat ini pada pagi hari untuk melihat kabut tebal menyelimuti pegunungan dan membuat Anda merasa berada di negeri atas awan!

5. Pantai Pok Tunggal

Perjalanan ke Pantai Pok Tunggal memang terbilang cukup sulit. Namun, tentu saja usaha Anda akan terbayar lunas saat melihat pemandangan cantik yang tersaji oleh salah satu surga tersembunyi di Jogja ini. Hamparan pasir putih yang bersih dan luas dengan ombak biru membuat Anda lupa sejenak dengan rutinitas sehari-hari. Sebatang pohon ikonik tumbuh dengan rindangnya di bibir pantai yang semakin memanjakan indra penglihatan. Jika sudah sampai di sini, aktivitas seru yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah belajar surfing.

Hutan Pinus Mangunan masuk dalam kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan. Lokasinya yang searah dengan Makam Raja-raja Imogiri seringkali membuat wisatawan terkecoh dengan menyebutnya Hutan Pinus Imogiri.

Bingung mau kemana di hari libur? Segera berkunjung ke kota Yogyakarta