Connect with us

Lifestyle

Ini Alasan Kopi Tidak Baik Dikonsumsi Saat Sahur

Published

on

Ilustrasi kopi (kabartangsel.com)

Geosiar.com, Lifestyle – Bagi penikmat kopi yang sedang menjalankan puasa usahakan untuk tidak mengonsumsi kopi disaat sahur.

Dilansir Liputan6.com, menurut Spesialis Gizi dan Youvit for Life,  Rachel Olsen menyatakan bahwa larangan ini karena kopi memiliki sifat duretik. Sifat duretik membuat orang akan lebih sering buang air kecil.

Ketika orang sering buang air kecil selama berpuasa berisiko dehidrasi. Sementara saat dehidrasi orang harus mengganti cairan yang telah dikeluarkan itu.

Disaat berpuasa, kita harus lebih menjaga kesehatan. Kopi membuat orang akan sadar lebih lama. Jika diwaktu sahur anda mengonsumi kopi, anda jadi tidak bisa tidur. Padahal sesudah sahuf ada baiknya anda untuk tidur sebentar sebelum memulai aktivitas.

Rachel menyarankan, jika ingin mengonsumsi kopi, pilihlah yang rendah kadar kafein. Memang susah untuk dicari namun dapat disiasati dengan memperbanyak air atau bisa juga menambah susu rendah lemak.

“kopinya sedikit saja,  yang penting ada rasa kopinya,” Ujar Rachel.

Rachel juga menuturkan bahwa efek kafein kopi bisa terjadi selama 24 jam. Kita kopi diminum saat sahur, dampaknya kemungkinan bisa terjadi saat sahur keesokan harinya.

Untuk itu jangan konsumsi kopi saat sedang sahur. Boleh, asalkan seperti yang dianjurkan sebelumnya, kopinya sedikit saja. (Tees)