Connect with us

Nasional

Siapkan Diri Anda, Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka Juni

Published

on

Ilustrasi tes CPNS.

Geosiar.com, Jakarta – Rencananya, lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2018 akan dihelat setelahPilkada. Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana menyampaikan, saat ini pemerintah masih terus melakukan persiapan terkait seleksi CPNS tersebut. Untuk jumlah formasi dan kebutuhannya akan ditetapkan pada bulan ini.

“Kami sedang persiapan, tetap masih menunggu formasi ditetapkan Menteri PANRB. Nanti ada pengumuman dari PANRB,” ujar dia saat di Jakarta, Minggu (20/5/2018) lalu.

Dia mengatakan, jika penetapan formasi rampung bulan ini, maka pendaftaran CPNS bisa dibuka mulai Juni. Sedangkan seleksi akan dilakukan pada Juli atau setelah Pilkada.

“Formasinya harus ditetapkan bulan ini. Mungkin untuk pendaftaran saja bisa di Juni, tetapi tesnya mungkin Juli, setelah Pilkada. Saya berharap setelah Pilkada seleksinya. Karena kalau sebelum Pilkada, nanti muncul masalah keamanan lagi,” kata dia.

Rangkaian seleksi, kata Bima, hingga pengumuman lolos menjadi PNS tidak akan memerlukan waktu yang lama. Hanya saja setiap kementerian/lembaga (K/L) atau pemerintah daerah melakukan tes tambahan bagi para CPNS sesuai dengan bidang yang dibutuhkan.

“Kalau suatu kementerian sudah selesai, bisa cepat, bisa saja langsung diumumkan, tidak harus menunggu semuanya selesai. Tapi kan ada juga selain tes yang dilakukan oleh BKN, K/L ingin melakukan tes sendiri, sistem seleksi kompetensi bidangnya. Itu kan perlu waktu. Tapi kalau dari BKN untuk SKD (seleksi kompetensi dasar CPNS ) dalam empat bulan selesai,” tuturnya.