Connect with us

Kesehatan

Sederet Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Published

on

Ilustrasi (selingkaran.com)

Geosiar.com, Kesehatan – Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang hampir selalu digunakan di setiap masakan. Akan tetapi, baunya yang khas dan cenderung membuat bau tidak sedap pada napas, banyak orang yang tidak menyukai keberadaan bawang putih di masakannya. Ternyata mengkonsumsi bawang putih mentah bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Simak beberapa manfaat bawang putih mentah, diantaranya:

1. Obat Mujarab Flu Dan Sakin Tenggorokan

Tenggorokan gatal? Bersin terus-menerus? Wah, itu tandanya kamu sudah mau terkena flu. Tips yang ini selalu saya terapkan kalau gejala flu mau menyerang tubuh. Ambil sedikit bawang putih mentah (nggak usah banyak-banyak), kupas kulitnya, cuci bersih bawang putihnya lalu segera kunyah cepat-cepat. Kenapa cepat-cepat? Karena rasanya teramat menyengat dan bikin panas tenggorokan. Tapi, efek setelah makan bawang putih itu luar biasa, keesokan harinya badan sudah fit kembali.

2. Mencegah Kanker

Bawang putih memiliki senyawa Allicin yang mampu mencegah terbentuknya sel kanker. Senyawa inilah yang menyebabkan aroma khas menyengat pada bawang putih. Beberapa studi masih mengkaji masalah keefektifan bawang putih untuk mencegah kanker, tapi studi yang dilakukan di Cina menyebutkan sering memakan bawang putih bisa menurunkan risiko kanker prostat.

3. Mengobati Kerusakan Hati (liver/hepatitis)

Kandungan senyawa Allicin, Selenium, Vitamin B6, Vitamin C, dan Antioksidan membantu memulihkan hati yang rusak (bukan rusak karena patah hati ya guys). Dengan mengkonsumsi bawang putih, makan hati akan memproduksi enzim yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Zat Antioksidan dalam bawang putih juga membantu detoksifikasi racun yang ada dalam hati.

4. Mengobati Keputihan

Buat para kaum hawa, ternyata mengkonsumsi bawang putih bisa mencegah timbulnya keputihan. Daripada kamu membeli cairan pembasuh kewanitaan yang mengandung bahan kimia, lebih aman dan murah jika kamu mengkonsumsi bawang putih secara rutin. Kalau nggak tahan sama rasa pedas bawang putih mentah, kamu bisa menambahkan madu juga walaupun kandungan Allicin lebih maksimal jika bawang putih dikonsumsi begitu saja tanpa tambahan bahan apapun.

5. Mencegah Menumpuknya Kolesterol Jahat

Dengan gaya hidup generasi millenials yang doyan nongkrong-nongkrong, risiko mengkonsumsi makanan tidak sehat malah jadi semakin tinggi. Wajar jika menemukan kasus masih muda tapi sudah terkena stroke. Gaya hidup yang tidak sehat bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Nah, kalau kamu termasuk golongan yang doyan cemal-cemil, wajin nih konsumsi bawang putih mentah karena dipercaya mampu memangkas kolesterol jahat (LDL) sebanyak 15%.