Connect with us

Kesehatan

Jangan Takut, 8 Fakta Ini Bikin Kamu Berani Donor Darah

Published

on

ILUSTRASI: Donor darah (halodoc.com)

Geosiar.com, Kesehatan – Aktivitas donor darah dipandang sebagai kegiatan yang mulia karena dapat menolong sesama. Tidak hanya bermanfaat bagi si penerima tetapi juga si pendonor. Donor darah ternyata bakal meningkatkan kualitas hidup pendonor. Sayangnya, beberapa orang masih takut untuk melakukan donor darah dengan alasan phobia jarum suntik, takut darah, nggak punya waktu, dan alasan-alasan nggak bermutu lainnya. Yakin deh, rugi banget kalau kamu sampai tidak atau belum pernah mencobanya.

Dikutip dari laman hipwee.com, inilah beberapa fakta mengenai donor darah ini mungkin bisa membuat kamu tergerak dan tidak lagi takut untuk donor darah.

1. Beruntunglah kamu yang mau donor darah. Menyelamatkan orang lain itu, berkah

Donor darah merupakan salah satu pekerjaan mulia selain jadi guru, lho! Jangan heran kalau kamu disebut superhero karena habis donor darah. Tapi jangan ngarep, ya? Donor darah memang tindakan mulia, tapi lebih mulia lagi kalau kamu ikhlas melakukannya.

2. Nggak cuma berpahala, kesehatan jantungmu pun ikut terjaga

Mau tau teorinya? Jadi, donor darah terbukti dapat menurunkan level zat besi dalam darah. Zat besi berfungsi untuk mempercepat proses oksidasi kolesterol dalam tubuh yang berdampak tidak baik bagi arteri. Nah, dengan berkurangnya level zat besi ini, maka jantung kita akan lebih sehat. Jadi sehat itu murah kok, sebetulnya.

3. Tubuhmu pun semakin segar dan produktif. Jauh deh dari lemas, letih dan lesu!

Orang yang aktif melakukan donor darah, tubuhnya akan lebih cepat melakukan regenerasi sel sarah merah ketimbang mereka yang bukan pendonor. Pembentukan sel darah ini bermanfaat untuk membantu kerja organ lainnya. Bisa dibilang, donor darah adalah suplemen buat kamu yang lemah, letih, lesu dan malas beraktivitas.

4. Berat badanmu juga akan ikut terjaga. Tentunya, dengan diimbangi pola makan dan olahraga

Masih bingung bagaimana caranya menurunkan berat badan? Cobalah donor darah. Tiap kali melakukan donor darah sebanyak 500 ml, efektif membakar sebanyak 650 kalori dalam tubuh. Jumlah ini sama halnya dengan kamu berjalan kaki sejauh 7 km, lho!

Pilih mana coba, bela-belain nahan lapar, pakai obat-obatan buat jadi kurus atau donor darah? Eits, tapi jangan sampai kamu gunakan donor darah sebagai program penurunan badan, ya!

5. Pikiran lebih jernih, nggak gampang marah dan mengurangi stress adalah bonus dari rutin donor darah

Donor darah sangat mendukung slogan “mensana in corpore sano”, bahwa di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Salah satu dampak positif donor darah adalah menyehatkan pikiran. Kamu akan lebih stabil dalam menghadapi masalah. Bersiaplah untuk menjadi “si tukang senyum” dalam lingkungan sekitarmu.

6. Siapa sih yang nggak mau awet muda? Yaudah, nyumbang darah aja!

Tidak perlu mahal-mahal melakukan perawatan kulit di pusat kecantikan atau menggunakan obat-obatan kimia. Cukup dengan donor darah secara rutin kamu bisa mendapatakannya. Nggak percaya? Donor darah membantu kulitmu untuk beregenerasi secara sempurna. Keriputpun nggak mampir karena kulitmu yang selalu mengencang.

7. Dengan bantuan para medis, kamu akan tahu apakah punya riwayat penyakit kronis. Pun dengan resiko terkenanya

Jika kamu berniat untuk donor darah, maka petugas kesehatan akan memastikan kondisi tubuhmu prima. Otomatis kamu akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis dari sang ahli. Kamu bisa mengetahui berat badan, tekanan darah, serta kadar hemoglobinmu. Sampel darahmu akan dicek apakah kamu memiliki indikasi penyakit menular atau tidak. Karena penyakit tersebut bisa tersebar melalui transfusi darah.

8. Bahagianya lagi, kamu bisa dapat susu atau snack gratis dari ajang berbagi ini

Dampak positif dari donor darah itu macam-macam. Salah satunya, kamu akan mendapatkan satu box makanan dan minuman gratis seperti roti, mie instan, telur rebus, susu, teh kotak, bahkan suplemen penambah darah. Jadi ketika kamu lemas setelah darahmu terambil sebanyak 500 ml, jangan sedih! Kamu akan segera mendapatkan penggantinya.

So, sampai kapan kamu takut untuk donor darah? Tinggal duduk manis, digigit semut, tunggu sembari tidur atau mainan HP, tubuh sehat, pahala dapat.