Connect with us

Lifestyle

Ingin Jadi Pengusaha? Coba Terapkan Tips Ini

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Menjadi wirausahawan  merupakan impian sebagian besar orang. Namun, tidak mudah mencapai impian tersebut. Seorang pengusaha untuk menjadi sukses harus pandai memulai usaha, mengelola, dan mengembangkannya menjadi sebuah bisnis yang produktif. Selain itu ada hal-hal penting yang harus diperhatikan seorang pengusaha muda untuk mencapai sukses. Apa saja itu?

  1. Cintai apa yang Anda lakukan

Passion adalah kunci dari bisnis yang akan terus berjalan. Jika Anda menjalankan suatu bisnis dengan setengah hati, maka presentase kegagalan bisnis akan  menjadi cukup besar. Dalam dunia bisnis, kita pasti akan berkali-kali jatuh, dan disaat itulah passion satu-satunya hal yang dapat membangkitkan kita kembali. Sebagai contoh, Abraham Lincoln gagal hampir dari semua usahanya sampai ia beranjak tua, tetapi ia tidak pernah menyerah. (Alton, 2015)

  1. Lakukan selangkah demi selangkah

Jangan menggunakan cara “all-in ” dalam suatu start-up business. Hal ini memiliki tingkat resiko yang terlalu tinggi. Belajarlah sedikit demi sedikit, mengambil resiko yang terkecil terlebih dahulu. Dari situ kita akan belajar bagaimana menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan sehingga kedepannya kita lebih teliti dalam memilih suatu keputusan.

  1. Belajar dari orang lain

Entrepreneur yang sukses seringkali bekerja untuk orang lain sebelum ia mengeluarkan bisnisnya sendiri. Meluangkan waktu beberapa tahun bekerja dapat menambah pengalaman dan ilmu yang kelak akan dibutuhkan dalam bisnis kita.

  1. Belajar cara untuk bisa mempromosikan diri Anda

Kepercayaan diri sangatlah dibutuhkan oleh seorang entrepreneur. Janganlah malu untuk bertanya kepada sesama, belajarlah cara mempromosikan barang / jasa yang baik dan tidak terdengar seperti suatu “promosi” yang akan membuat klien tidak tertarik.

  1. Berani merealisasikan bisnis Anda

Beranilah untuk mengambil “Action”. Sebuah ide saja tidak akan cukup dalam proses entrepreneurship. Kita harus berani untuk merealisasikannya. Tidak ada kata menunda-nunda. Buatlah sebuah action yang signifikan dalam setiap langkah yang Anda ambil.

  1. Buatlah perencanaan bisnis

Banyaklah membaca artikel tentang bisnis yang sukses, ambillah ilmu atau pengetahuan dari setiap artikel tersebut. Buatlah sebuah rencana bisnis dengan mengaplikasikan ilmu dan juga pengetahuan yang telah Anda miliki.

  1. Bangunlah reputasi bisnis Anda

Membangun reputasi bisnis membutuhkan waktu dan kerja keras. Jagalah reputasi Anda baik kepada supplier  maupun pelanggan Anda, dengan cara selalu berlaku jujur dan  memberikan pelayanan serta produk yang terbaik.

  1. Tidak ada kata “Terlambat” !

Banyak entrepreneur yang sukses memulai karir suksesnya pada usia yang tidak muda lagi. Salah satu contohnya adalah Harland David Sanders, pemilik Kentucky Fried Chicken (KFC) yang mulai mewaralaba bisnisnya di tahun 1952 (umur 62 tahun). Saat ini KFC memiliki lebih dari 18.800 outlet yang tersebar di 118 negara. Jadi, tidak pernah ada batasan umur dalam memulai suatu bisnis!

  1. Bangunlah tim kerja yang solid

Carilah sebuah tim yang dapat bekerjasama dengan Anda. Orang-orang yang dapat jatuh susah bersama-sama dan bangkit lagi bersama-sama, orang yang memiliki tujuan yang sama dengan Anda, orang yang dapat Anda percayai.

  1. Waspada terhadap sikap Anda

Sikap dari seorang founder / pemilik usaha akan berpengaruh terhadap bisnis yang dijalaninya. Jika ia memiliki sikap yang malas, acuh tak-acuh dengan masukan / kritik yang diberikan dari pelanggan, maka dapat dipastikan bahwa presentase kegagalannya besar. Sebaliknya, jika ia merupakan orang yang mau berubah, senang mendengarkan saran / kritik dari pelanggan, mau menghadapi masalah dan tantangan, persentase keberhasilannya akan lebih besar. (yl)