Connect with us

Kesehatan

Manfaat Tersembunyi Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Kesehatan – Musik yang setiap hari selalu kita dengar memiliki kekuatan khusus untuk menggerakkan emosi kita. Musik bisa membuat kita menjadi riang, sedih, bahkan bisa membuat seseorang terharu dan menetekan air mata. Betapa kuatnya pengaruh beberapa bait syair yang dimainkan dengan alunan kord-kord sederhana sebuah lagu.

Dilansir dari Readersigest.com, berikut ini adalah manfaat-manfaat yang bisa didapatkan ketika bagi Anda yang suka mendengarkan musik.

1. Menekan nafsu makan
Menurut penelitian Cornell yang terdapat pada jurnal Psychological Reports mereka yang menikmati musik yang berada di restoran akan menghabiskan makanan 18 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mendengarkan musik saat makan.

2. Meningkatkan fokus
Menurut penelitian dari Northumbria University di Inggris mendengarkan musik terutama musik klasik dapat meningkatkan fokus seseorang.

Ketika orang dewasa muda diberi tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, mereka melakukan lebih baik ketika sambil mendengarkan musik klasik dibandingkan mereka yang tidak mendengarkan musik.

3. Menenangkan dan merileksasi pembuluh darah
Mendengarkan musik yang membuat Anda merasa bergembira dapat menyebabkan pembuluh darah mengembang, meningkatkan aliran darah dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurut sebuah studi di University of Maryland.

Rata-rata diameter pembuluh darah atas para relawan dalam penelitian tersebut meningkat 26 persen setelah mendengarkan musik yang menyenangkan. Penelitian lain juga menemukan bahwa musik mengurangi denyut jantung, tekanan darah, dan kecemasan.

4. Menyanyi bersama membuat Anda bahagia
Peneliti Inggris baru-baru ini menyurvei 375 orang yang bernyanyi dalam paduan suara, bernyanyi sendiri, atau bermain di tim olahraga. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang ikut bernyanyi dalam paduan suara dilaporkan merasa bahagia daripada mereka yang menyanyi secara sendirian.

5. Membuat anak-anak mudah diajak bekerja sama
Anak-anak prasekolah yang mengikuti kelas musik dan memainkan instrumen musik dalam kelompok memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk membantu orang lain mengerjakan tugas-tugas mereka dan membantu memecahkan masalah.(yl)