Connect with us

Kesehatan

5 Cara Ini Ampuh Hilangkan Stres

Published

on

Ilustrasi olahraga

Geosiar.com, Kesehatan – Apa anda pernah mengalami stres? Ya, setiap orang pasti pernah mengalami stres. Ganguan mental ini tidak hanya berdampak pada kondisi psikis. Stres juga bisa berpengaruh pada berat badan, kerontokan rambut, dan penyakit kronis. Karena itu jangan abaikan stres yang Anda rasakan. Segera cari tahu penyebab dan cara menghilangkan stres yang paling tepat.

Di bawah ini merupakan cara menghilangkan stres yang mudah dipraktikkan. Lakukan setiap hari untuk mengelola stres yang Anda alami akibat tekanan aktivitas.

Mencoba olahraga lari.
Menurut hasil penelitian yang dilansir Health Me Up, olahraga lari bisa membantu memperbaiki mood, meningkatkan produksi endorphin (hormon bahagia), dan membantu menyalurkan pikiran-pikiran negatif dengan cara sehat.

Belajar yoga.
Teknik pernapasan dan meditasi dalam yoga sudah terbukti ampuh untuk memperbaiki mood bagi penderita stres dan depresi. Cobalah rutin yoga, minimal dengan pose-pose penangkal stres seperti sukhasana, child’s pose, triangle pose, atau camel pose.

Puasa gadget.
Penelitian di University of California menemukan bahwa mengecek e-mail setiap saat mampu menyebabkan stres. Pengguna internet yang sangat aktif juga 5 kali lebih rentan terhadap depresi. Jadi ketika Anda merasa stres, ada baiknya mengurangi kontak dengan gadget.

Menulis jurnal atau diary.
Penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Anxiety, Stress, & Coping menemukan bahwa menulis mengenai hal yang membuat depresi selama 20 menit selama 2 hari mampu menurunkan kadar stres.
Kurangi konsumsi gula, kafein, dan daging merah. Meskipun terlihat remeh, membatasi konsumsi ketiga makanan ini merupakan cara menghilangkan stres yang cukup efektif. Dalam porsi yang berlebihan, gula, kafein, dan daging merah bisa meningkatkan hormon stres serta memicu kegelisahan.

Memelihara binatang. Berinteraksi dengan binatang bisa membantu tubuh untuk melepaskan hormon oxytocin dan menurunkan level kortisol. Meminta medikasi dari psikiater. Kalau stres berat sudah mengarah ke depresi, ada baiknya jika Anda mengunjungi psikiater untuk mendapatkan penanganan profesional. Biasanya pasien juga akan dibekali dengan obat untuk mengatasi depresi. (yl)