Connect with us

Daerah

Presiden Jokowi Akan Resmikan KA Bandara Minangkabau Ekspres

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Padang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali dijadwalkan meresmikan Kereta Api Bandara Minangkabau Ekspres di Sumatera Barat, Senin (21/5/2018) mendatang.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan Presiden Jokowi akan berada di Sumatera Barat selama 2 hari. Senin-Selasa 21-22 Mei 2018.

“Agenda Presiden adalah peresmian Kereta Api BIM dan Pesentren Buya Hamka, kemudian penyerahan sertifikat tanah serta kegiatan lainnya,” ujarnya, Jumat malam 18 Mei 2018.

Tapi, kata Irwan, kepastian kehadiran Presiden Jokowi masih menunggu hasil rapat terakhir yakni pada Minggu 20 Mei 2018.

“Hasil rapat Jumat sore tadi di Mensesneg, Presiden masih tetap akan ke Sumatera Barat, dan mudah-mudahan tidak ada perubahan jadwal,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan KA Bandara Minangkabau Ekspres pada 8 Mei 2018. Namun batal karena Jokowi ada agenda lain.

KA Bandara Minangkabau Ekspres telah mulai beroperasi sejak 1 Mei 2018. KA Bandara ini berangkat dari Stasiun Padang di Simpang Haru menuju Stasiun Bandara Internasional Minangkabau di Kabupaten Padang Pariaman.

Rangkaian kereta (trainset) jenis Kereta Api Diesela Elektronik (KRDE) itu diproduksi PT Industri Kereta Api (Inka). Terdiri dari 4 gerbong kereta dengan daya angkut 272 penumpang. Keretanya berwarna kombinasi hijau dan putih. (yl)