Connect with us

Kesehatan

Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Ketika Baru Berbuka Puasa

Published

on

Ilustrasi Menu Berbuka Puasa (Liputan6.com)

Geosiar.com, Kesehatan – Disaat waktu berbuka puasa tiba, terasa tak sabar untuk menyantap hidangan apapun untuk membayar rasa lapar yang dirasakan. Namun begitu, rasa buru-buru untuk berbuka puasa harus dijaga.

Ada beberapa makanan dan minuman yang tidak baik dikonsumsi ketika berbuka puasa, saat perut sedang dalam keadaan kosong. Karena ketika berpuasa, perut sangat sensitif terhadap makanan dan minuman yang pertama kali masuk.

Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari ketika perut dalam posisi kosong dan akan berbuka puasa, dilansir Liputan6.com (18/8/2018)

Makanan yang Pedas

Jangan langsung menyantap makanan pedas saat waktu berbuka tiba. Mengonsumsi makanan pedas saat kamu belum makan apa pun bisa jadi hal yang buruk. Kenapa? Karena capsaicin (senyawa pedas pada cabai) yang bercampur dengan asam lambung bisa menyebabkan reaksi yang membuat perut sakit dan kram.

 

Buah Tomat

Kadar asamnya yang tinggi membuat buah tomat kurang baik dikonsumsi saat perut kosong. Asam lambung dan asam di dalam tomat bisa bereaksi dan menimbulkan gas yang bisa membuat sakit perut, kembung, dan begah. Dan aneka buah asam lainnya sebaiknya juga tak dikonsumsi ketika baru masuk waktu berbuka puasa.

Minuman Bersoda

Menikmati minuman bersoda dingin saat berbuka puasa tampaknya bisa langsung menghilangkan dahaga. Tapi ternyata minuman bersoda kurang baik diminum saat perut dalam keadaan kosong. Minuman bersoda memiliki asam karbonat tinggi dan ketika asam dalam soda bercampur dengan asam lambung di perut, maka bisa menyebabkan kontraksi dan membuatmu sakit perut hingga mual-mual

Kopi dan Minuman Berkafein Lainnya

Menikmati kopi atau minuman berkafein saat perut kosong bisa membuat perut kembung. Hal ini karena kandungan kafeinnya bisa membuat perut menghasilkan gas. Belum lagi kalau kamu punya bawaan penyakit maag, sangat tidak direkomendasikan langsung minum kopi atau minuman berkafein saat baru masuk waktu buka puasa.

Yogurt

Kandungan asam dalam yogurt bisa membuat perut sakit bila dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Memang kandungan probiotiknya baik dan menyehatkan. Tapi sebaiknya tidak dikonsumsi ketika perut masih kosong.

Kita juga harus memastikan konsidi perut dan lambung kita masing-masing. Karena kondisi satu sama lain adalah berbeda.