Connect with us

Lifestyle

Basmi Rayap dengan 5 Cara Alami Ini

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Rayap merupakan salah satu masalah yang sering ditemui pada rumah dengan bahan bangunan dan perabotan kayu. Kehadiran rayap dapat membuat masa ‘hidup’ bangunan dan furnitur berkurang lalu rusak.

Pada dasarnya ada banyak cara untuk menghilangkan rayap dari rumah. Sebaiknya hindari penggunaan bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan keluarga di kemudian hari.

Seperti dikutip dari Home Remedy Hacks, Jumat (18/5/2018) berikut adalah lima cara alami mengusir rayap dari rumah.

Lidah buaya
Lidah buaya ternyata juga dapat menghilangkan rayap bandel yang bersarang pada furnitur dan bangunan. Caranya, ambil lidah buaya secukupnya, bersihkan, lalu buat jus dengan cara di-blender. Lalu masukkan ke dalam botol semprot kemudian semprotkan pada bagian yang terkena rayap.

Garam
Tanpa disadari ternyata salah satu dari bahan pokok di dapur Anda dapat mengusir rayap dengan ampuh. Campurkan garam dengan air, lalu masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan pada area yang terkena rayap. Atau dapat dengan merendam kapas ke dalam air garam kemudian letakan pada area rayap berada. Cara ini selain mengusir rayap, juga dapat mencegah datangnya rayap.

Cuka
Selain garam, ternyata ada satu lagi bahan dapur yang dapat digunakan yakni cuka. Caranya luruhkan cuka pada bagian yang terdapat rayap, lakukan hal tersebut secara terus menerus selama 8 hari. Kemudian rayap yang bersarang pada bangunan atau perabotan Anda akan pergi.

Minyak esensial
Beberapa minyak esensial berfungsi memberantas rayap dengan efektif. Salah satunya adalah minyak cengkeh, sebab minyak tersebut dapat membunuh hingga ke akarnya, sehingga rayap tidak dapat berkembang biak dan mewabah kembali. Cara penggunaannya cukup mudah, tuangkan ked alam botol semprot. Lalu semprotkan pada bagian dinding kayu atau furnitur yang menjadi sarang rayap.

Minyak Jeruk
Dalam sebuah percobaan laboratorium ditemukan bahwa ekstrak minyak jeruk sangat efektif membunuh rayap, dengan angka kematian mencapai 68 persen hingga 96 persen dalam percobaan. Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat bahan aktif d-limonene yang merupakan racun ampuh bagi serangga, khususnya rayap. Caranya, buat lubang pada sarang rayap lalu masukkan minyak jeruk lalu diamkan.