Connect with us

Sumut

GPEI Sumut Minta OP Belawan Sidak Pelayanan Depo Kontainer

Published

on

Medan, Geosiar.com – Gabungan Pengusaha Eksport Indonesia (GPEI) Sumut minta pihak Otoritas Pelabuhan (OP) Belawan segera melakukan sidak ke Depo transportasi kontainer barang ekspor di Pelahuhan Belawan untuk perbaikan pelayanan. Sebab, banyak keluhan pelaku ekspor dan para sopir terkait lambatnya pelayanan Depo. Sehingga, arus pengiriman barang eskspor menjadi terkendala.

“Mana peran OP Belawan mengelola situasi kegiatan pelabuhan. Saat rapat kordinasi Rabu lalu (9/5/2018) mereka (OP Belawan-red) berjanji akan menindak pemilik Depo yang “nakal”. Harapan kita agar pemilik Depo segera memperbaiki dan peningkatan pelayanan. Sehingga kegiatan eskpor lancar. Tentu, meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumut,” ujar Ketua GPEI Sumut Drs Hendrik Halomoan Sitompul kepada wartawan, Kamis (17/5/218).

Dikatakan Hendrik, keberadaan Depo kontainer di Belawan dikeluhkan pelaku usaha dan sopir. Pemilik Depo dinilai tidak peduli soal kelancaran arus pengiriman barang. Pelayanan Depo yang lambat dipastikan menghambat merugikan pelaku usaha dan sopir.

“GPEI selaku wadah pelaku usaha akan tetap menyoroti kondisi itu. Kita tetap peduli dan memperjuangkan segala keluhan yang dialami pelaku usaha,” urai Hendrik H Sitompul yang juga anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Medan yang duduk di komisi C membidangi perekonomian itu.

Sementara itu, sekretaris GPEI Sumut Susilo mengatakan, keberadaan Depo kontener barang eksport di pelabuhan Belawan harus diperbaiki. Menurut Susilo, selain dikeluhkan pelaku usaha, pihaknya juga menerima keluhan para supir kontener yang sangat protes akibat kebijakan Depo yang lambat dan tidak mau tahu.

“Sistem kerja Depo tidak efisisen, selain menghambat arus pengiriman barang, juga pendapatan supir kontainer menurun kerena kehilangan trip. Seharus nya pihsk OP segera turun tangan menindak bahkan mengevaluasi izin pemilik Depo yang tidak memberikan pelayanan yang prima,” ujar Susilo.

Menyikapi kondisi pelayanan Depo kontainer pelabuhan belawan, pihak OP Belawan melalui stafnya Kandeka Bastari kepada wartawan mengatakan, pihak nya akan melakukan rapat.

“Besok akan dirapatkan, materi rapat terkait kelancaran dan keamanan arus barang di Pelabuhan Belawan,” sebut Kandeka kepada wartawan, Kamis (17/5/2018) melalui Watshapp nya seraya menambahkan dalam rapat melibatkan Syahbandar, Polres, ASDEKI dan seluruh Depo petikemas. (lamru)