Connect with us

Dunia

Tahun 2020, NASA Kirim Helikopter ke Planet Mars

Published

on

Ilustrasi permukaan Mars.

Geosiar.com, Washington Dc – National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau Badan Antariksa Amerika Serikat berencana mengirim helikopter kecil ke Mars terkait dengan misi penerbangan mereka ke planet merah tersebut pada 2020.

Dilansir dari situs Reuters, Senin, (14/5/2018), Mars Helicopter, begitu nama yang disematkan untuk pesawat baling-baling tanpa awak tersebut.

Helikopter itu dikendalikan dari jauh dan dirancang untuk bisa terbang pada atmosfer Mars yang lebih tipis daripada atmosfer Bumi.

Manajer Proyek Mars Helicopter NASA, Mimi Aung, menilai pesawat ini dirancang dengan baling-baling kembar yang akan berputar berlawanan arah pada kecepatan 3.000 rpm, atau 10 kali lipat dari kemampuan baling-baling helikopter di Bumi.

“Tugas helikopter ini untuk menjangkau lokasi di Mars yang tidak bisa dijangkau kendaraan darat. Catatan ketinggian untuk helikopter yang terbang di Bumi sekitar 40 ribu kaki. Sementara, atmosfer Mars hanya satu persen dari Bumi,” kata Aung.

Ia juga mengatakan, seandainya helikopter di Mars baru mencapai permukaan planet, maka setara dengan 10 ribu kaki atau 30.480 meter dengan di Bumi.

Aung dengan para pejabat NASA mengatakan bahwa pesawat tanpa awak akan mencapai planet merah berdampingan dengan car-sized rover.

Setelah helikopter berada di permukaan tanah, maka rover akan berkendara melalui perintah dari Bumi setelah dilakukan pengisian baterai lithium-ion dan serangkaian tes.

“Kami berencana melakukan uji coba selama 30 hari dengan 5 kali penerbangan. Dimulai dengan melayang secara vertikal sekitar 30 detik pada ketinggian 10 kaki, dilanjutkan dengan penerbangan beberapa ratus meter dalam jangka waktu 90 detik,” jelasnya. (yl)