Connect with us

Daerah

Jelang Ramadhan, Harga Petai di Pasar Bandung Rp 200 Ribu Per Kilo

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Bandung – Sejumlah harga bahan pokok di Pasar Baru, Kota Bandung mulai melambung menjelang Bulan Ramadan. Salah satunya adalah petai, dengan harga yang menembus Rp 200 ribu per kilo gram.

Salah satu pedagang petai, Ojat, menyampaikan harga sudah mulai naik sejak dua minggu lalu. Hal itu disebabkan stok minim sementara permintaan menjelang puasa cenderung naik.

Ojat mengatakan saat ini petai batangan dibanderol dengan harga Rp 6 ribu untuk kelas dua dan Rp 7-8 ribu untuk yang super. Sementara harga normal untuk petai super batangan hanya Rp 5 ribu.

“Untuk yang petai kupas sekarang Rp 180-200 ribu per kilo. Biasanya mah harganya Rp 100-120 ribu per kilo,” ujar Ojat saat berbincang dengan detikcom, Selasa (15/5/2018).

Harga itu, kata Ojat, diprediksi akan terus naik hingga nanti lebaran.

“Ini mah kelihatannya bakal terus naik bisa Rp 15-20 ribu per batang. Tapi mudah-mudahan enggak kaya 2016 harganya Rp 600 ribu per kilo,” ujarnya.

Kondisi berbeda terlihat dari makanan dengan bau menyengat lainnya. Jika petai melambung naik bahkan harganya melebihi daging sapi, harga jengkol justru malah turun lantaran stok sedang melimpah.

“Sekarang lagi normal bahkan turun jadi Rp 30 ribu per kilo. Kemarin mah sempat Rp 40 ribu terus naik lagi Rp 100 ribu,” kata seorang pedagang bernama Dedeh.

Di samping itu, harga daging ayam di Pasar Baru juga sudah mulai naik. Tedi, pedagang daging ayam mengatakan kini barang jualannya dibanderol dengan harga Rp 40 ribu per kilo.

“Ini sudah dua minggu naik terus. Sehari bisa naik Rp 2 ribu per kilo. Memang setiap mau puasa naik,” katanya.

Ia memprediksi harga tersebut akan terus naik hingga satu minggu puasa. Harga akan mulai turun pada minggu kedua dan ketiga puasa, dan kembali naik pada satu minggu menjelang lebaran. (yl)