Connect with us

Politik

Hasyim SE Dorong Tim Pora Bekerja Maksimal

Published

on

Medan, Geosiar.com – Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan mendorong Pemko Medan dan Kantor Imigrasi Medan agar kinerja tim Pengawasan Orang Asing (Pora) yang dibentuk disetiap Kecamatan Kota Medan dapat berjalan maksimal dan efektif. Kepada tim Pora diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik sehingga suasana kondusif di kota Medan tetap terjaga.

“Pembentukan tim Pora sangat tepat. Kita apresiasi langkah Pemko dan Imigrasi. Tentu kita berharap kepada tim dapat bekerja maksimal agar tercipta kenyamanan di tengah masyarakat,” ujar Hasyim SE (foto) kepada wartawan kemarin.

Dikatakan Hasyim yang juga Ketua PDI P Kota Medan itu, pembentukan tim Pora merupakan langkah yang positif. Sebab keberadaan orang asing di Medan sudah banyak dikeluhkan masyarakat. Kendati pembentukan sudah agak terlambat, namun Hasyim tetap berharap dapat mengawasi keberadaan orang asing di Kota Medan. “Persoalan orang asing sudah menjadi sorotan dan persoalan yang lama tak kunjung tuntas. Apa yang dilakukan Pemko Medan sebuah langkah yang positif. Karena saat ini persoalan orang asing terutama para pengungsi dari beberapa negara sudah masuk Kota Medan,” ujar Hasyim

Hasyim mengatakan, pihak DPRD Medan sejak tahun 2016 sudah melakukan pembahasan tentang keberadaan orang asing.” Untuk persoalan keberadaan orang asing dalam hal ini para pengungsi sudah menjadi sorotan lama bagi kami di legislatif, tapi satu pihak pun terutama Pemko Medan sendiri pun tidak peka mengatasi persoalan ini.Dan kembali tahun ini diberikan perhatian serius kita berharap tim ini tidak hanya sekedar hadir saja, tapi kiranya peka terutama yang kita harapkan peran dari Kepala Lingkungan untuk peka dilingkunganya ,”tegasnya.

Dikatakan, dibeberapa lingkungan yang ada para pengungsi atau orang asing sudah dengan bebas tinggal berbaur dilingkungan masyarakat. Diharapkan, jangan sampai hal itu menimbulkan kecemburuan maka perlu peran penting stake holder untuk mengawasinya.

Ditambahkan, Pemko Medan supaya melakukan kordinasi dengan stakeholder untuk mencari solusi agar keberadaan orang asing tersebut dikembalikan ke asal negaranya. Sebab, bila dilakukan pembiaran secara terus menerus akan menimbulkan konflik ditengah masyarakat yang akhirnya bisa terjadi berbagai pelanggaran yang dapat merusak citra Kota Medan.

Sekedar mengingatkan sebelumnya Pemko Medan dan Kantor Imigrasi Klas I Khusus Medan bekerja sama mem­­bentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) di seluruh kecamatan di Kota Medan. Tim ini diben­tuk guna mem­per­mudah pe­nga­wasan keberada­an mau­pun kegiatan orang asing. (lamru)