Connect with us

Kesehatan

7 Manfaat Rutin Minum Teh Jahe

Published

on

Ilustrasi jahe (viva.co.id)

Geosiar.com, Kesehatan – Jahe merupakan tanaman herbal yang paling mudah dikenali, apalagi jika kamu mencium aromanya. Selain digunakan untuk memasak, jahe banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan hingga afrodisiak alami.
Jahe dijadikan salah satu bahan makanan yang paling sehat dan paling serbaguna yang mudah Anda dapatkan. Jahe sering dijadikan bahan untuk menyedapkan makanan, Namun jahe ternyata juga bisa dijadikan bahan untuk minuman lezat dan sehat.

Jahe bisa dijadikan teh herbal yang berguna sekali untuk tubuh. Dilansir dari besthealthyguide.com, jika anda secara rutin minum teh jahe inilah yang akan kamu rasakan pada tubuh Anda.

1. Meredekan Mual

Menghirup teh jahe adalah cara terbaik untuk mengatasi sakit perut. Minum teh jahe juga meringankan gejala mual. Disarankan untuk minum teh jahe sebelum bepergian jauh untuk mencegah mabuk perjalanan.

2. Membantu Mencegah dan Memerangi Kanker

Telah terbukti secara ilmiah bahwa jahe mengandung sifat yang tidak hanya memperlambat pertumbuhan sel kanker, tetapi juga melawan sel-sel yang sudah tumbuh di tubuh.

3. Meningkatkan Kesuburan

Jahe sudah lama digunakan sebagai afrodisiak untuk meningkatkan kesuburan pada pria, sejak zaman Cina kuno. Bahkan Studi terbaru mendukung klaim dan mengkonfirmasi bahwa mengonsumsi jahe secara teratur membantu meningkatkan jumlah sperma dan membantu masalah disfungsi ereksi,

4. Meredakan Masalah Pernafasan

Berkat sifat anti-peradangannya yang kuat, jahe adalah obat yang sangat baik untuk mengatasi sesak dada yang disebabkan oleh asma, alergi, atau flu biasa.

5. Meredakan Stres

Aroma jahe bisa membuat santai dan rileks, aromanya membantu mengurangi ketegangan emosional, menenangkan saraf, dan memberi Anda ketenangan dan kedamaian setelah sibuk bekerja. Minumlah teh jahe untuk menghilangkan stres.

6. Mengontrol kadar gula darah

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa manfaat jahe memiliki efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah. Sebabnya jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid. Selain terkenal karena keefektifannya sebagai penstabil gula darah, manfaat jahe juga memiliki efek perlindungan yang kuat bagi penderita diabetes untuk menghindarkan dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya.

7. Menjaga kesehatan tekanan darah

Penelitian di Thailand menemukan bahwa manfaat jahe berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Terutama bagi mereka yang sedang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Jika ingin hidup sehat, segera rutin minum teh jahe. (qkhs)