Connect with us

Nasional

Wawan Kurniawan alias Abu Afif, Provokator Penyerangan Mako Brimob

Published

on

Abu Afif di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. (detik.com)

Geosiar.com, Depok – Salah satu napi teroris yang merusuh di Mako Brimob Kelapa Dua, Wawan Kurniawan alias Abu Afif, sudah menjalani pemeriksaan medis di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Abu Afif saat ini ditahan di ruang khusus RS Polri.

“Usai dilakukan serangkaian pemeriksaan medis oleh dokter jaga, dilakukan foto pemeriksaan radiologi, pemeriksaan laboratorium . Yang bersangkutan di ruang tahanan khusus,” kata Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan RS Polri Kombes Yoyok Witarto kepada wartawan, Jumat (11/5/2018).

Wawan Kurniawan alias Abu Afif mengalami luka di bahu kiri. Tapi pihak RS Polri tidak menjelaskan luka yang dimaksud.

“Akan ada penjelasan lebih rinci intinya ada luka,” katanya.

Rusuh di Mako Brimob disebut Polri terjadi karena masalah makanan. Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan awal mula rusuh akrena terjadi keributan yang dilakukan tahanan.

Tahanan kasus terorisme Wawan, tersangka kasus Bom Pandawa, disebut Setyo menjadi pemicu keributan sehingga mempengaruhi tahanan/napi lainnya.

“Kan ada makanan yang dititip keluarga. Katanya nitip ke Pak Budi (petugas). Pak Budi sedang sedang keluar, jadi dicari-cari nggak ada. Dia bikin ribut, goyang-goyang, si Wawan menanyakan mana titipan makanannya. Ribut, ribut, sehingga memicu yang lain,” ujar Setyo, Rabu (9/5).

Pada sore ke malam hari, tahanan terorisme mulai menjebol terali sel. Mereka juga menyerang polisi penjaga yang sedang berpatroli di blok tahanan.

Akibat kerusuhan itu, lima polisi gugur di Mako Brimob yakni Briptu Luar Biasa Anumerta Fandy Nugroho, Iptu Luar Biasa Anumerta Yudi Rospuji, Aipda Luar Biasa Anumerta Denny Setiadi, Briptu Luar Biasa Anumerta Syukron Fadhli, dan Briptu Luar Biasa Anumerta Wahyu Catur Pamungkas.

Sedangkan teroris Abu Ibrahim tewas ditembak karena melakukan perlawanan dan berupaya merebut senjata petugas. (yl)