Connect with us

Nasional

Anggota MPR-DPR RI Hinca Pandjaitan Gelar RDP Gagas Rekontruksi Kerajaan Kesultanan Asahan

Published

on

Anggota Komisi III DPR RI DR Hinca Pandjaitan saat presentase rekontruksi kembali Kerajaan Kesultanan Asahan yang digelar acara rembuq bangsa, Selasa (24/4/2018)

Asahan, Geosiar.com – Anggota MPR-DPR RI DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH ACCS menggelar radap dengar pendapat (RDP) rekontruksi kerajaan kesultanan Asahan. Hsl ini membuktikan diri sebagai pencinta budaya dan peduli sejarah. Kali ini, sejarah kerajaan kesultanan Asahan digagas agar direkontruksi kembali demi memajukan kebudayaan daerah.

Seiring dengan itu pula, Hinca Pandjaitan terpanggil menggali budaya dari semua etnis yang diyakini dapat meningkatkan dunia pariwisata. Tepat nya, Selasa (24/4/2018) di gedung IPHI Tanjungbalai, Hinca melakukan rembuq bangsa bersama pegiat budaya yang ada di Tanjung Balai.

Hadir saat acara itu, tokoh budaya, pengamat budaya serta pegiat budaya. Seluru peserta sepakat untuk reka ulang garis hubungan antara kerajaan Asahan, Aceh dan Kepulauan Riau.

Pada kesempatan itu, Hinca mengajak seluruh elemen masyarakat untuk peduli buadaya. Karena tanpa budaya bangsa dan suku akan kehilangan jati diri.

Dikatakan Hinca yang juga anggota Komisi III DPR RI itu, baginya tetap menjunjung tinggi masalah budaya. Bahkan, budaya hal yang utama ketimbang politik. “Bagi saya budaya itu nomor satu dan masalah politik nomor dua. Tapi untuk mewujudkan budaya harus melalui politik,” ujar Hinca Pandjaitan yang juga Sekjen DPP Partai Demokrat itu.

Dalam rembug bangsa itu disepakati akan dilakukan kembali lertemuan dan kordinasi para pegiat budaya dan Pemkab Asahan. Selanjutnya untuk mengadakan pagelaran budaya dan menggali sejarah seutuhnya. (lamru)