Connect with us

Nasional

Peserta Ujian SBMPTN Meningkat di Tahun 2018

Published

on

Pelaksanaan ujian SBMPTN (Okezone News)

Geosiar.com, Jakarta – Ketua Panitia Pusat SBMPTN Ravik Karsidi menjelaskan, jumlah peserta tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan peserta yang mendaftar tahun lalu. Kenaikan tersebut dikatakannya mencapai 15 persen. Dan, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) digelar hari ini, Selasa, 8 Mei 2018. Ada 860.001 peserta yang akan mengikuti ujian tersebut.

Peningkatan ini terjadi salah satunya semakin tingginya minat lulusan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.
Oleh karena itu, sejumlah kesiapan telah dilakukan, baik oleh panitia pusat maupun lokal guna menyukseskan seleksi tersebut.

Sementara, untuk pelaksanaan SBMPTN akan dilakukan dengan dua kategori. Yakni kategori ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) dan ujian tertulis berbasis cetak atau (UTBC).

Pemilihan kategori tersebut disesuaikan dengan kesiapan pelaksana ujian. Mengingat untuk ujian menggunakan komputer juga diperlukan fasilitas yang memadai.

“Untuk peserta yang mengikuti UTBC sebanyak 833.820 peserta, sedangkan yang mengikuti UTBK sebanyak 26.181 peserta,” ujar Ravik di ruang kerjanya, pada hari Senin.

Pada kesempatan tersebut Ravik menambahkan para peserta SBMPTN tersebut akan memperebutkan lebih kurang 135 ribu kursi di perguruan tinggi negeri (PTN) yang diinginkan.

“Untuk ujian tertulis akan dilaksanakan besok, tetapi untuk ujian keterampilan akan dilaksanakan pada tanggal 9 dan 11 Mei mendatang. Ujian keterampilan ini dilakukan seperti POK atau pun seni,” katanya. (qkhs)