Connect with us

Nasional

Seniman Muda Raih Penghargaan di Gelaran Jog Art

Published

on

Ilustrasi (gudegnet.com)

GeoSiar.com, Jakarta – Penghargaan young artist award merupakan tradisi Art Jog yang diikuti oleh seniman muda.

Mereka yang terseleksi adalah seniman muda yang usianya berada di bawah umur 33 tahun,” ujar Enin membacakannya di Jogja Nasional Museum (JNM), Jalan Prof Ki Amri Yahya, Yogyakarta, Jumat (4/5/2018) malam.

Gelaran Art Jog 11 resmi dibuka tadi malam oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.
Dari 54 seniman yang berpartisipasi meramaikan ada 3 seniman muda yang berhasil menerima penghargaan.

Nama-nama tersebut dibacakan oleh Enin Supriyanto bersama tim dewan juri lainnya yakni Rifky Goro dan Mella Jaarsma dari atas panggung Art Jog.

Tim dewan juri sudah melakukan pra-seleksi yang berjumlah 5 karya. “Kemarin pada tanggal 3 Mei kami sudah melihat karya dan melakukan penjurian.”

Ke-3 seniman tersebut adalah Meliantha Muliawan (Jakarta) lewat karya ‘Vague Shapes ini the Light #1-#9’, Bandu Darmawan (Bandung) dengan instalasi berjudul ‘Pernyataan Tidak Tertulis’, dan karya ‘Everlost’ ciptaan Fajar Abadi (Bandung).

Kurator Art Jog 11, Bambang ‘Toko’ Witjaksono menambahkan para seniman yang terpilih berhasil melampaui pencapaian artistik di generasinya.

“Kami memilih mereka karena beberapa alasan, dan di antaranya adalah konsep yang mereka ajukan sesuai dengan tema tahu ini ‘Enlightement’. Pencerahan menurut mereka sendiri seperti apa dan hal itu tercermin dalam karyanya,” kata dia.

Kegiatan Art Jog 11 dimulai dibuka untuk umum pada 5 Mei hingga 4 Juni 2018 di Jogja National Museum (JNM). (qkhs)