Connect with us

Dunia

Mengenal DMZ, Daerah Pertemuan Kim Jong-Un dan Moon Jae-in

Published

on

Korean Demilitarized Zone (DMZ) atau Garis Demarkasi Militer Korea. (flickr.com)

Geosiar.com, Panmunjom – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in melakukan pertemuan pada Jumat (27/4) lalu. Pertemuan bersejarah itu ada di atas DMZ yang membagi kedua negara.

Dilansir dari CNN Travel pada Sabtu (5/5/2018), warga juga bisa mengunjungi tempat itu.

Korean Demilitarized Zone (DMZ) atau Garis Demarkasi Militer Korea ini adalah tanah tak bertuan sekitar 48 kilometer sebelah utara Kota Seoul. Didirikan setelah adanya Perjanjian Gencatan Senjata Perang Korea pada tahun 1953.

DMZ membagi semenanjung Korea menjadi dua bagian. Zona sepanjang 160 mil itu kini bukan hanya tempat pertemuan politik strategis, tapi juga magnet bagi para turis.

Garis Demarkasi Militer Korea yang paling sering dikunjungi Joint Security Area (JSA), dikenal juga sebagai area gencatan senjata Panmunjom. Bill Clinton, presiden ke-42 Amerika Serikat pernah berkunjung pada tahun 1993 dan menyebutnya sebagai tempat paling menakutkan di bumi.

Garis Demarkasi Militer Korea mungkin salah satu perbatasan negara yang paling rawan, tetapi keberadaannya telah dikunjungi lebih dari 1,2 juta pelancong setiap tahun. Data itu didapat dari Korea Tourism Organization.

“Panmunjom meruupakan bagian dari DMZ yang paling sering dikunjungi, dari kedua belah pihak. Di sinilah Anda dapat melihat garis depan dari dekat dan bahkan mengunjungi ruang konferensi,” kata Simon Cockerell, Managing Director Koryo Tours. (yl)