Connect with us

Kesehatan

Ternyata Ini Manfaat Serabut Putih pada Buah Jeruk

Published

on

Manfaat Serabut Putih Jeruk yang Menakjubkan (radarpekalongan.co.id)

Geosiar.com, Kesehatan – Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan sebagai salah satu buah favorite masyarakat. Buah ini juga mudah didapat dan terjangkau.

Jeruk diketahui berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Jeruk termasuk ke dalam tumbuhan berbunga anggota citrus dari suku Rutaceae. Rasa asam. Pada jeruk berasal dari kandungan asam sitrat.

Sebagian besar orang yang mengkonsumsi jeruk mengupas kulitnya sampai benar-benar bersih. Ada juga yang mengupas hingga serabut putih pada jeruk.

Dilansir dari Liputan6, serabut putih jeruk juga berkhasiat bagi tubuh. Berikut fungsi lain dari serabut putih pada jeruk.

1. Sumber Serat

Walaupun serabut putih pada jeruk rasanya hambar. Namun ternyata bagian pelindung buah jeruk ini mengandung serat yang sangat tinggi. Memang jeruk merupakan buah yang kaya akan serat, akan tetapi jika dikonsumsi dengan menghilangkan serabut putihnya kandungan serat pun akan berkurang.

Bahkan menghilangkan serabut putih bisa mengurangi 30 persen kandungan serat pada jeruk. Jenis serat yang terdapat dalam serabut putih tersebut adalah pektin. Pektin sendiri dikenal mampu melancarkan sistem pencernaan.

2. Sumber Vitamin

Jeruk terkenal sebagai buah yang kaya vitamin C. Ternyata selain daging buahnya yang biasa diutamakan, serabut putih pada jeruk juga kaya akan vitamin C.

Jumlah vitamin C yang terkandung dalam serabut-serabut putih ini hampir sama dengan yang dimiliki buah jeruknya. Vitamin C sendiri mampu membantu menjaga kesehatan kulit dengan melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi.

Selain itu, vitamin C juga memiliki peranan penting untuk membantu produksi kolagen kulit sehingga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit.

3. Kaya Antioksidan

Ternyata serabut putih pada jeruk memiliki kandungan antioksidan berbentuk flavonoid dengan jumlah yang berlimpah.

Ada dua jenis flavonoid yang terdapat dalam serabut putih pada jeruk, naringen dan hisperidin. Sama seperti antioksidan lainnya, kedua jenis antioksidan ini memberikan perlindungan yang kuat bagi sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, naringen juga mempunyai keunggulan sebagai zat yang mampu mengurangi lonjakan gula darah. Itulah mengapa mengonsumsi jeruk dengan serabut putihnya sangat baik khususnya bagi orang penderita diabetes.