Connect with us

Teknologi

Segera Ganti Password Akun Twitter Anda!

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Teknologi – Pihak Twitter meminta lebih dari 330 juta penggunanya untuk mengganti password mereka. Pasalnya Twitter telah menemui adanya celah keamanan yang bisa mamaparkan password pengguna. Media sosial itu merilis pernyataan soal hal ini di postingan blog dan serangkaian postingannya pada Kamis siang waktu setempat.

Dalam pernyataan resminya, Twitter menegaskan masalah yang dihadapi sudah diselesaikan dan hasil investigasi tidak menemukan adanya pencurian password atau disalahgunakan oleh orang dalam Twitter. Meski demikian, Twitter tetap meminta untuk semua penggunanya mengganti password mereka.

“Kami telah memperbaiki bug (celah) dan tidak ada indikasi adanya kebocoran atau penyalahgunaan dari siapa pun. Sebagai tindakan pencegahan, diharapkan untuk mengganti password dari semua layanan yang menggunakan password tersebut,” ujar Kepala Eksekutif Twiter, Jack Dorsey dalam postingannya, dilansir Reuters, Jumat (4/4/2018).

Media sosial mikroblog itu meminta maaf atas kejadian kurang mengenakkan ini dalam blog resminya. Twitter tak menyebutkan berapa banyak password yang terkena efek bug ini.

Seorang sumber menyatakan, jumlah password pengguna yang terbongkar sangat substansial. Selain itu, Twitter menyatakan, password tersebut sudah terekspos sudah beberapa bulan lamanya.

Twitter telah melaporkan kejadian pada beberapa regulator. Bug ini telah ditemukan beberapa pekan lalu. Komisi Perdagangan Amerika Seikat menolak mengomentari kejadian ini.

Twitter menyatakan dalam blognya, kesalahan ini terkait penggunaan ‘hashing’ dan menyebabkan password tertulis dalam komputer log internal sebelum proses pengacakan selesai.(yl)