Connect with us

Teknologi

Instagram Luncurkan Filter Komentar Bully

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Teknologi – Isu perundungan atau bullying mudah sering kali terjadi di media sosial. Bagian komentar biasanya jadi area di mana kamu bisa lihat banyak komentar-komentar pedas dan menyakitkan hati.

Kali ini Instagram meluncurkan fitur baru filter perundungan di platform media sosialnya Untuk memberantas bullying dan kekerasan secara verbal.

Filter komentar bully ini akan secara otomatis menyaring komentar-komentar bernada kasar, melecehkan, atau membuat seseorang marah serta sakit hati. Dengan ini Instagram tidak memberikan tempat bagi seseorang yang intoleransi dan senang menindas.

“Instagram akan menyaring komentar intimidasi yang ditujukan untuk melecehkan atau membuat orang kesal di komunitas Instagram mulai hari ini,” ungkap, Kevin Systrom, pendiri dan CEO Instagram di situs resminya.

Pengguna juga bisa menonaktifkan filter ini di pengaturan bagian Comment Controls, jika masih ingin melihat komentar yang belum difilter pada unggahannya.

Sebelumnya, tahun lalu Instagram telah memiliki filter komentar ofensif yang secara otomatis menyembunyikan komentar yang memecah belah kelompok tertentu.

Sementara fungsi filter bully ini adalah menyembunyikan komentar yang berisi serangan terhadap penampilan atau karakter seseorang, serta ancaman terhadap kesehatan atau kesejahteraan seseorang.

“Sejak Mike (Krieger) dan saya mendirikan Instagram, tujuan kami adalah menjadikannya tempat yang aman untuk ekspresi diri dan untuk menumbuhkan kebaikan di dalam komunitas. Pembaruan ini hanyalah langkah selanjutnya dalam misi kami untuk memenuhi janji itu,” kata Kevin.

Sekarang, fitur filter bully baru hanya berfungsi untuk komentar berbahasa Inggris, tetapi Instagram berencana untuk memperluas fitur dalam beberapa bahasa lain di masa yang akan datang. (yl)