Connect with us

Uncategorized

Golkar Siapkan Calon Pengganti Setya Novanto di DPR

Published

on

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Setya Novanto mengucapkan sumpah jabatan saat dilantik menjadi Ketua DPR sisa masa jabatan tahun 2014-2019 pada Rapat Paripurna di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, (30/11/2016). (tempo.com)

Geosiar.com, Jakarta – Setya Novanto kini menjalani masa tahanan sebagai narapidana kasus korupsi proyek e-KTP, ketua DPR Bambang Soesatyo pun mengaku partai Golkar telah menyiapkan pengganti Setya Novanto di DPR.

“Pasti Golkar sudah menyiapkan langkah-langkah mana kala nanti ada Penggantian Antar Waktu (PAW), tapi semua kita kembalikan pada mekanisme di DPR. Kalau sudah selesai pasti ada penggantinya,” kata Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Walaupun demikian, Bamsoet tak ingin berkomentar lebih jauh terkait dengan pemberhentian keanggotan Novanto di DPR.

Apakah yang bersangkutan harus mengundurkan diri atau malah menunggu pemberhentian dari Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

“Kita serahkan pada mekanisme,” ucapnya singkat

Sebelumnya, Mantan Ketua DPR Setya Novanyo divonis hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp 500 juta atas perkara korupsi e-KTP yang melibatkan dirinya. Baik Novanto maupun KPK tak banding atas vonis itu, sehingga sudah berkekuatan hukum tetap.

Sampai saat ini, Setnov masih tercatat sebagai anggota DPR. Sesuai aturan, anggota DPR yang bermasalah hukum dan sudah berkekuatan hukum tetap, harus diganti dari posisinya di DPR. (yl)