Connect with us

Nasional

Kemendagri: 11 Juta Warga Belum Melakukan Perekaman E-KTP

Published

on

Sekretasis Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo. (kemendagri.go.id)

Geosiar.com, Jakarta – Sekretasis Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo menyebut masih ada warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP). Total warga yang belum merekam e-KTP sebanyak 11 juta.

“Ada 11 juta yang belum merekam KTP elektronik,” kata Hadi di Hotel Golden Boutique, Jalan Angkasa, Jakarta Pusat, Rabu (2/5/2018).

Hadi menyampaikan saat ini perekaman KTP elektronik telah mencapai 97 persen. Tapi, menurutnya, dari 97 persen itu, masih terdapat warga yang belum mendapatkan e-KTP dalam bentuk fisik.

“Jika kita lihat capaian 97 persen lebih, namun juga dihadapkan kendala ada yang belum dapatkan e-KTP secara nyata, dalam bentuk blangko cetaknya,” kata Hadi.

Ia berharap perekaman e-KTP dapat segera selesai. Hal ini disebabkan nantinya data tersebut akan digunakan untuk menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) bagi pemilih pilkada dan pemilu mendatang.

“Data kependudukan kita harus melakukan langkah-langkah yang optimal di dalam penyelesaian, masalah perekaman ataupun data kependudukan,” tutur Hadi.

“Saya berharap dapat terselesaikan, karena data ini yang digunakan untuk pemilu, perlu sinergitas Kemendagri dan KPU untuk penetapan DPT dan lain-lain,” tambahnya.