Connect with us

Nasional

Jokowi Minta Partisipasi Korut dan Korsel Pada Asian Games 2018

Published

on

Joko Widodo bersama Duta Besar Korut dan Korsel di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/4/218). (kaskus.co.id)

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo sempat menyinggung soal Asian Games 2018 saat bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom dan Duta Besar Korea Utara untuk Indonesia An Kwang II.

Perlombaan 4 tahun sekali itu rencananya akan digelar bulan Agustus mendatang di Jakarta dan Palembang. Jokowi meminta agar kedua negara bisa berpartisipasi aktif di Asian Games 2018.

“Saya juga mengundang untuk partisipasinya secara besar-besaran dalam Asian Games bulan Agustus di Jakarta dan di Palembang,” kata Jokowi pada konferensi pers bersama kedua dubes di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/4/218).

Sebelumnya dua Korea berlaga sebagai satu tim dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang pada Februari lalu. Ini disebut gerbang pembuka perbaikan hubungan kedua negara.

Dalam pertemuan dengan itu, dua Dubes Korea diberikan masing-masing maskot Asian Games 2018 yaitu Bhin-bhin, Atung, dan Kaka.

Dubes Korsel Kim Chang-beom mengatakan partisipasi dua Korea di Asian Games telah dibicarakan dalam pertemuan bersejarah pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Korsel Moon Jae-in Jumat lalu.

“Kami akan mengadakan diskusi tentang Asian Games antara Korsel dan Korut.

Kami bisa memberikan rincian kolaborasi dan partisipasi di Asian Games kepada Inasgoc (panitia Asian Games) dan pemerintah Indonesia dari diskusi dalam beberapa bulan lagi,” kata Kim Chang-beom.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi pertemuan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dengan Presiden Korea Utara Kim Jong-un yang terjadi pekan lalu. Jokowi menegaskan dukungannya pada pertemuan itu yang berujung pada perdamaian kawasan semenanjung Korea.

“Sangat mendukung proses perdamaian yang ada dan tadi juga disampaikan mengenai tindak lanjut dari proses pertemuan Presiden Korsel dan Presiden Korut pada minggu yang lalu,” kata Jokowi usai bertemu Dubes Korsel dan Dubes Korut di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (30/4/2018).