Connect with us

Kesehatan

Nasi Punya Banyak Khasiat Sebagai Makanan Pokok

Published

on

Ilustrasi Nasi (kabarkuansing.com)

Geosiar.com, Berita Kesehatan – Nasi merupakan sumber karbohidrat utama. Nasi adalah makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Asia yang biasanya dilengkapi dengan lauk untuk penambahan gizi seseorang.

Banyak masyarakat yang tidak menjadikan nasi sebagai asupan sarapannya kareta takut gendut. Padahal nasi memiliki kandungan nutrisi dan karbohidrat yang menyehatkan tubuh. Nasi juga mampu mencegah penyakit.

Saat ini sudah banyak masyarakat Asia menghindari nasi, padahal dulunya selalu mengkonsumsi nasi. Mereka menganggap karbohidrat dalam nasi masih dicurigai sebagai penyebab tumpukkan lemak dalam tubuh.

Sudah bertahun-tahun nasi sebagai makanan pokok bangsa Asia termasuk Indonesia. Berikut khasiat nasi yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sebagai Sumber Energi

Nasi kaya akan karbohidrat dan akhirnya membuat nasi sebagai sumber energi. Nasi terdiri dari rantai panjang karbohidrat kompleks yang butuh waktu lama untuk diurai. Kandungan pati dalam nasi juga lebih rendah dari kandungan pati makanan lain.

2. Mengandung Nutrisi Tinggi

Nasi putih dan nasi merah mengandung nutrisi yang berbeda. Dalam nasi putih kaya akan kalsium dan zat besi, serta vitamin D, thiamin dan riboflavin. Nasi merah kaya akan serat dan sangat baik untuk pencernaan. Nasi juga rendah lemak dan kolesterol. Sangat baik untuk kesehatan jantung.

3. Mencegah Beragam Penyakit

Nasi atau beras merah mengandung neutransmitter yang dapat mencegah penyakit Alzheimer. Juga mengandung Antioksidan yang dapat melindungi jantung dan cegah stroke.

4. Mampu Mencegah Kanker

Tekhusus nasi merah kaya akan serat yang dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Serat beras dapat melindungi sel dan tubuh dari serangan kanker.

5. Mencegah Sembelit

Nasi dapat mengendalikan tekanan darah, karena nasi rendah sodium. Nasi juga kaya akan serat sehat yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri dan baik untuk pencernaan.

6. Bebas Gluten

Nasi tidak mengandung gluten. Jadi, nasi sangat baik untuk penderira celiac dan orang yang alergi terhadap protein.