Connect with us

Dunia

Ikut Jejak Dua Korea, Taiwan Ingin Berdamai dengan China?

Published

on

Presiden Taiwan, Tsai Ing-Wen. (financialexpress.com)

Geosiar.com, Taiwan – Presiden Taiwan, Tsai Ing-Wen mengungkapkan keinginannya untuk bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping. Ia ingin membahas masalah perdamaian antara kedua negara. Keinginannya ini ia sampaikan dalam pertemuan tersebut pada Jumat (28/4/2018) waktu setempat.

Dilansir dari The Guardian, Sabtu (28/4/2018), hubungan keduanya semakin memburuk sejak Tsai berkuasa Mei 2016. Salah satu penyebabnya adalah perebutan sebuah pulau. Dalam perebutan tersebut, China selalu mengatakan akan mengambil keputusan tegas demi bisa menguasainya. Meski begitu, Tsai tetap ingin ada pertemuan dengan China.

“Saya akan bersedia melakukan apa pun yang berguna untuk perdamaian dan stabilitas,” ujarnya dalam pidato.

Ia yakin keinginannya ini tidak akan ditentang oleh orang-orang di pemerintahannya.

“Pertemuan ini dapat berlangsung tanpa perlu adanya prakondisi politik, saya juga percaya tidak ada pemimpin di Taiwan yang akan menolak,” tambahnya.

Pertemuan Korea Utara dan Korea Selatan, menurut Tsai juga akan meningkatkan stabilitas dan keamanan regional.

Keinginan Tsai ini masih dipantau pendahulunya, Ma Ying-Jeu. Menurut Ma, keputusan Tsai ini harus tetap diperhatikan. Sebab antara Taiwan dan China belum pernah duduk bersama sejak periodenya tahun 2008-2016.

Pemerintah China sebelumnya terus meningkatkan pengaruhnya di kawasan Laut Tiongkok Selatan. China terus menggelar latihan militer, baik angkatan udara maupun angkatan lautnya. Termasuk latihan menembak di sekitar pulau yang jadi sengketa dengan Taiwan. (yl)