Connect with us

Dunia

3 Warga Palestina Tewas di Tangan Tentara Israel

Published

on

Ilustrasi tentara Israel. (detik.com)

Geosiar.com, Gaza – Warga Palestina kembali bentrok dengan militer Israel di perbatasan Gaza, Jumat waktu setempat, (27/4/2018). Kali ini, militer Israel menembak mati tiga warga Palestina.

Militer Israel dikabarkan juga melukai lebih dari 950 orang lainnya di perbatasan Gaza. Kejadian ini menjadi ironis, karena berkali-kali Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak Israel agar berhenti menggunakan kekerasan yang berlebihan.

Dilansir dari Aljazeera, Sabtu (28/4/2018), dari 950 korban luka dilaporkan 178 diketahui ditembak dengan peluru tajam. Sisanya terkena peluru karet dan imbas dari gas air mata.

Diinformasikan sebelumnya, ribuan orang berkumpul di jalur Gaza pada Jumat kemarin. Aksi demonstrasi ini merupakan yang kelima kali berturut-turut. Ribuan warga Palestina ingin menuntut hak untuk kembali ke rumah mereka yang diambil Israel.

Sejak 30 Maret warga Palestina melakukan aksi demonstrasi, membuat puluhan warga meninggal dunia saat bentrok dengan militer Israel. Sementara itu dikabarkan tak ada korban dari pihak militer Israel.

Stefanie Dekker dari Aljazeera, melaporkan dari lokasi kejadian, pihak tentara Israel meminta agar para pendemo tak mendekat dengan zona penyangga untuk menghindari bentrokan.

Bila pendemo mendekat maka tentara Israel akan mengambil tindakan tegas dengan menembak peringatan. Tapi pihak pendemo tetap berupaya mendekat yang berujung bentrokan.(yl)