Connect with us

Dunia

Temui Presiden Korsel, Kim Jong-un Didampingi Negosiator Ahli

Published

on

Pertemuan Kim Jong-un dan Moon Jae-in didampingi masing-masing 2 delegasi. (kumparan.com)

Geosiar.com, Panmunjom – Kim Jong-un dan Presiden Moon Jae-in datang bersama delegasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Korea Utara-Korea Selatan. Tapi, tidak seluruh delegasi mendapat tempat di meja oval, di mana kedua pemimpin akan membicarakan sejumlah isu.

Seperti yang dilansir dari CNN, hanya enam orang yang mendapat tempat di meja oval tersebut, termasuk Kim Jong-un dan Moon Jae-in.

Masing-masing pemimpin didampingi oleh dua delegasi sehingga total ada enam orang yang terlibat langsung dalam pembicaraan bersejarah itu, Jumat (27/4/2018).

Dari sisi Kim Jong-un, ia didampingi oleh Kim Yong-chol, anggota biro politik dan wakil ketua Komite Sentral Partai Buruh. Kim Yong-chol adalah mantan kepala badan intelijen dan dikenal sebagai perunding yang tangguh.

Ia diyakini mendalangi insiden tenggelamnya kapal Angkatan Laut Korea Selatan yang menewaskan 46 pelaut pada tahun 2010.

Selain Kim Yong-chol, adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong, juga terlihat berada di meja oval. Tidak hanya bersaudara dengan Kim Jong-un, Kim Yo-jong juga menduduki posisi penting di partai. Ia merupakan wakil direktur pertama Komite Sentral partai, selain itu perempuan yang diyakini berusia 30 tahun tersebut juga memimpin Departemen Propaganda dan Agitasi.

Kemunculan Kim Yo-jong dalam KTT Korea Utara-Korea Selatan merupakan penampilan publik terbarunya, setelah sebelumnya ia diutus sang kakak menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan pada Februari 2018 silam. (yl)