Connect with us

Nasional

Amien Rais: Gatot Belum Bisa Maju di Pilpres 2019

Published

on

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. (kompas.com)

Geosiar.com, Jakarta – Nama Gatot Nurmantyo disebut-sebut masuk ke dalam tiga besar kandidat calon presiden periode 2019-2014. Namun Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyebut mantan panglima TNI tersebut belum saatnya bertarung di Pilpres 2019.

Amien Rais menilai Gatot adalah sosok yang luar biasa. Mantan ketua MPR RI itu memuji pribadi Gatot sebagai orang baik. Terbukti dia disukai banyak kalangan. Termasuk dari kalangan umat Islam.

“He’s very wonderful persons. Pak Gatot tuh kan orang baik sekali. Dia anti-PKI ya, kemudian dia juga mengatakan NKRI tak mungkin ada tanpa persatuan ulama, umat Islam,” kata Amien kepada wartawan di kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta seperti dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (27/4/2018).

Walau demikian, Amien mengatakan bahwa Gatot belum bisa bertarung di Pilpres 2019. Dengan elektabilitas yang kurang dari 5 persen, sangat sulit untuk mengalahkan Jokowi yang berstatus petahana. Apalagi Pilpres tinggal setahun. Tidak banyak waktu untuk bersosialisasi secara masif.

Amien pun menyebut bahwa hanya Prabowo Subianto lah satu-satunya yang bisa melawan Jokowi saat ini. Meski beberapa survei melansir penurunan elektabilitas, potensinya untuk menang tetap besar. Alasannya, elektabilitas Jokowi juga kurang meyakinkan karena tidak berada di angka yang aman.

“Kita memang melihat sekarang ini yang berkibar-kibar seperti re-match (Prabowo-Jokowi) lagi. Tapi semua bisa berubah kalau yang di langit mengatakan berubah,” ujarnya.

Sebelumnya, Amien Rais di Balai Kota DKI Jakarta,menyebut elektabilitas Jokowi terus menurun. Namun, untuk mengalahkannya perlu kerja keras semua elemen.

“Yang saya sampaikan ini adalah perhitungan manusiawi, yang serba lemah. Kalau yang punya kita semua arahnya lain lagi, itu yang terjadi. Cuma manusia harus berusaha, sebagai orang beriman manusia berusaha tanpa putus dari langit,” ucap Amien Rais. (yl)