Connect with us

Dunia

Pakistan Dirikan Sekolah Pertama Untuk Komunitas Transgender

Published

on

Pakistan Membuka Sekolah Untuk Siswa Transgender (dw.com)

Geosiar.com, Pakistan – Telah didirikan sekolah untuk kaum transgender yang ingin menimba ilmu pendidikan. Ini merupakan sekolah pertama yang diperuntukkan kaum transgender.

Nama sekolah tersebut ialah Gender Guardian School yang diresmikan 21 April 2018 lalu. Hingga saat ini sudah mencapai 25 siswa pendaftar.

Ada beberapa bidang yang akan dipelajari dalam sekolah ini, yakni kuliner, desain busana dan kosmetik dan kurikulum pendidikan formal. Gender Guardian School merupakan proyek dari LSM Exploring Future Foundation (EFF).

Sekolah yang berlokasi di kota Lahore, Provinsi Punjab ini juga telah banyak menerima pujian dari beberapa guru, pengacara dan aktivis HAM.

Dilansir dari Deutsche Welle, Rabu (25/4/2018), pendiri sekolah bernama Asif Shanzad mengungkapkan bahwa keputusan ini diambil untuk menciptakan sistem edukasi yang layak untuk orang-orang transgender agar mereka bisa terberdayakan dan terdidik.

Menurut Asif, tujuan didirikannya sekolah ini agar kaum transgender dapat mencari nafkah dan memberikan kontribusi yang lebih positif untuk masyarakat Pakistan. Juga memberikan lingkungan belajar yang aman kepada siswa transgender.

Tujuan lain juga untuk mengakhiri perpecahan dalam masyarakat Pakistan dan menyebarkan nilai pluralisme dan toleransi.

“jika komunitas transgender menjadi kelompok terdidik dan terberdayakan, mereka pasti akan menghindari profesi yang tidak etis. Jadi, kami akan bekerja untuk mereka sehingga bisa menjauh dari aktivitas negatif dan bisa berkontribusi dalam masyarakat,” Ungkap Asif. (Tees)