Connect with us

Nasional

KPK Periksa Zumi Zola Sebagai Tersangka

Published

on

Tersangka kasus gratifikasi Zumi Zola. (tirto.id)

Geosiar.com, Jakarta – Gubernur Provinsi Jambi nonaktif, Zumi Zola diperiksa Tim Penyidik KPK. Zumi akan diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkait sejumlah proyek di Jambi.

“Dijadwalkan hari ini pemeriksaan terhadap Zumi Zola sebagai tersangka,” ujar Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (26/4/2018).

Zumi tiba di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, sekitar pukul 09.25 WIB. Zumi tampak mengenakan baju tahanan KPK tersebut langsung memasuki lobi Gedung KPK.

Pada 9 April 2018 lalu Zumi resmi menjadi tahanan KPK. Saat itu ia tak mau berkomentar apa pun soal kasus atau penahanan dirinya. Ia langsung masuk ke dalam mobil tahanan yang langsung membawanya ke rumah tahanan.

Dalam kasus ini, Zumi ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima gratifikasi atau suap terkait sejumlah proyek di Jambi. Selain dirinya, KPK juga telah menetapkan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Jambi bernama Arfan sebagai tersangka.

KPK mengatakan Zumi dan Arfan menerima uang sebesar Rp 6 miliar dari beberapa kontraktor terkait proyek di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi. Uang itu diduga yang kemudian diberikan sebagai uang ketok kepada sejumlah anggota DPRD Jambi terkait pengesahaan RAPBD tahun anggaran 2018.

Menurut KPK, Zumi mengetahui pemberian ‘uang ketok’ kepada anggota DPRD Jambi, yang terbongkar dalam operasi tangkap tangan (OTT) beberapa waktu lalu. Meskipun pada pemeriksaan sebagai saksi sebelumnya di KPK, Zumi membantahnya.

Atas perbuatannya, Zumi dan Arfan disangkakan melanggar Pasal 12 (B) atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jakarta juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (yl)