Connect with us

Nasional

Sumut-Aceh Terpilih Jadi Tuan Rumah PON XXI 2024

Published

on

KONI resmikan Provinsi Sumatra Utara dan Aceh sebagai tuan ruma Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. (tribunnews.com)

Geosiar.com, Jakarta – Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) terpilih menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) 2018 yang diselenggarakan di Hotel Bidakara Jakarta, pada 24-25 April 2018.

Provinsi Sumut dan Aceh meraih 24 suara dari 34 pemilih Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) provinsi di tanah air. Mengalahkan dua calon tuan rumah lainnya, yakni Bali-Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kalimantan Selatan (Kalsel). Dalam pemilihan tersebut Bali-NTB meraih 8 suara, sementara Kalsel hanya meraih 2 suara.

Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH selaku Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) yang didampingi Plt Sekdaprovsu Ibnu S Hutomo, Kepala Biro Humas Protokol Setdaprovsu Ilyas Sitorus, serta Kepala OPD Pemprovsu dan Ketua Koni Sumut Jhon Lubis mengatakan sangat bersyukur atas terpilihnya Sumut-Aceh sebagai tuan rumah bersama pada PON 2024.

“Terima kasih juga kepada seluruh pengurus Koni Pusat dan juga kepada pengurus Koni se Indonesia, yang telah memberikan kepercayaan kepada Sumut-Aceh sebagai tuan rumah bersama. Kami dan Aceh akan memberikan yang terbaik pada pelaksanaan PON XXI nantinya, “kata Wagubsu Nurhajizah, usai menyampaikan sambutan pada penutupan Musornaslub.

Nurhajizah mengatakan Sumut telah siapkan lahan seluas 150 hektar untuk bangun sport center 2 di Medan untuk PON 2024, disamping sport center 1 yang telah dibangun. Dalam pembangunan sport center 2 tersebut juga akan dibangun stadion utama dengan kapasitas puluhan ribu tempat duduk.

Wakil Gubernur Sumut itu juga menyampaikan sudah ada kesepakatan antara Pemprov Sumut dan Aceh untuk upacara pembukaan PON akan dilangsungkan di Banda Aceh dan upacara penutupan PON akan dilakukan di Medan. Sedangkan untuk pembagian cabang olahraga (cabor) 28 cabor di Sumut dan 28 cabor lagi di Aceh.

Sementara itu Ketua KONI Provinsi Aceh Muzakir Manaf, mengucapkan terima kasih atas dukungan KONI provinsi di tanah air yang telah mendukung pencalonan Sumut-Aceh sebagai tuan rumah PON 2024.

Menurut Muzakir untuk Aceh akan disiapkan lahan 2500 hektar di Aceh Besar untuk pembangunan sport center dan perkampungan atlet di sana. Pembangunan sport centre juga akan diikuti pembangunan fasilitas pendukung, berupa jalan dan fasilitas lainnya yang mendukung kelancaran dan suksesnya pesta olahraga se-Indonesia ini.

Persaingan tuan rumah PON XXI 2024 sebelumnya berlangsung seru, masing-masing menjanjikan menjadi tuan rumah yang terbaik, dengan fasilitas dan kemudahan bagi para peserta pesat olahraga 4 tahun itu. Bahkan Kalimantan Selatan menjanjikan semua fasilitas gratis bagi seluruh peserta jika terpilih menjadi tuan rumah PON 2024 mendatang. (yl)