Connect with us

Lifestyle

Kamu Wajib Tahu, Ini Fakta Mengejutkan Tentang Bagian Tubuh Kita

Published

on

ilustrasi (medicalnewstoday.com)

Geosiar.com – Manusia diciptakan dengan kesempurnaan yang tidak dimiliki makhluk lainnya. Kita wajib bersyukur dengan apa yang telah Tuhan berikan pada diri kita. Karena kalau kita mesti membayar semua yang diberikan-Nya, wah nggak bakalan sanggup deh, apalagi setelah tahu 5 fakta mengejutkan ini tentang tubuh kita seperti yang dikutip dari hipwee.com ini!

1. Rata-rata orang memiliki sekitar 70.000 pikiran setiap hari

Para ilmuwan mengatakan bahwa rata-rata orang memiliki sekitar 70.000 pikiran setiap hari! Weh banyak bener, ya. Nggak heran deh, kalau kita sering bilang, “Lagi banyak pikiran, nih,” atau “Banyak urusan,” karena saking banyaknya yang sedang kita pikiran saat itu.

Misalnya pikiran karena tugas yang ini dan itu ada yang belum selesai, karena teman yang begini dan begitu ada saja urusannya, bahkan mikirin situasi dunia hari ini yang nggak menentu (wehh berat bener), juga mikirin orang tua yang kepengen anaknya cepet sukses hehe, mikirin kakak dan adik yang suka bikin kangen, kepikiran mantan.. *eh.

2. Kecepatan orang bersin ternyata nggak terhingga, bahkan bisa mengalahkan laju pesawat jet sekalipun!

Kadang kita suka nggak tahan kalau hidung sudah mulai gatal dan rasanya seperti ada yang ingin keluar, dan begitu bersin, kita jadi plong. Tahukah kamu? Bersin manusia bergerak dengan kecepatan di bawah 40 mph (64 kph), alias kecepatan yang sama dengan harimau yang berlari!

3. Hidung kita dapat mengingat lebih dari 50.000 aroma yang berbeda

Wangi parfum, bunga, buah, masakan, benda-benda kesukaan, bahkan orang yang kita kenal memiliki bau yang khas. Karena hidung kita ternyata dapat mengingat lebih dari 50.000 aroma yang berbeda, lho. Misalnya saat kita mencium aroma masakan Ibu kita yang khas, pasti langsung ingat dengan beliau dan bikin kangen, hehe.

Atau saat mencium wangi tertentu yang mengingatkan pada orang yang disayangi, dan juga mencium boneka kesayangan yang bikin kita nyaman.

4. Mata kita ini memiliki ketajaman 576 megapixel

Kamera apa yang tercanggih di dunia? Nah, jika mata manusia adalah kamera digital, maka mata kita ini memiliki 576 megapixel yang dapat membedakan sekitar 10 juta warna yang berbeda! Wah wah, nggak kebayang deh, betapa berharga dan baiknya Tuhan memberi kita mata ini, ya.

5. Lidah kita bisa merasakan 10.000 rasa

Dan fakta terakhir ini tentang lidah kita yang bisa merasakan sekitar 10.000 rasa, sebagian besar terletak di sekitar tonjolan kecil di lidah kita. Namun, indra penciuman juga diperlukan untuk merasakan rasa di lidah ini.

Seperti misalnya, saat kita makan masakan favorit yang enak banget tentu saja akan berbeda saat kita sedang flu, yang rasanya bisa berubah jadi hambar.. hehe.

Nah, sudah sepatutnya kita bersyukur atas semua kelebihan yang diberikan kepada kita.