Connect with us

Dunia

Raja Salman Akan Bangun ‘Entertainment City’ Saingan ‘Disney Land’

Published

on

Riyadh, Arab Saudi. (sputniknews.com)

Geosiar.com, Riyadh – Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud bersiap luncurkan pembangunan ‘Entertainment City’ atau Kota Hiburan di dekat Ibu Kota Riyadh, Arab Saudi.

Lahan seluas 334 kilometer kubik itu disebut-sebut akan menyaingi taman hiburan Disneyland di Amerika Serikat. Pembangunan ini menjadi bagian dari proyek miliaran dolar untuk pemasukan negara di samping produksi minyak.

Dilansir dari AFP, ‘Entertainment City’ nantinya akan dilengkapi dengan taman hiburan mewah, sirkuit motor, sampai kebun binatang Selasa (24/4/2018).

“Hal ini sebagai bentuk upaya kami untuk mengembangkan giga-proyek yang akan membantu perekonomian, baik langsung maupun tidak langsung,” ujar Kepala Proyek Fahd bin Abdullah Tounsi.

Michael Reininger, selaku Ketua Pelaksana di Qiddiya berharap agar proyek ini dapat mengundang ketertarikan dari investor-investor asing. Namun Reininger enggan menyebut total biaya dari pembangunan ‘Entertainment City’ itu.

Pemerintah Arab Saudi juga telah meluncurkan cetak biru dari proyek ratusan miliar dolar, NEOM, yang berlokasi di Laut Merah. NEOM digadang-gadang akan menjadi destinasi resor yang dikelilingi terumbu karang, mirip dengan Silicon Valley di California, AS.

Proyek ini sendiri merupakan bagian dari program reformasi ‘Vision 2030’ yang digagas oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MbS).

Sebelumnya pada Rabu Arab Saudi meresmikan sebuah gedung bioskop di Kota Riyadh untuk pertama kalinya dalam 40 tahun. Bioskop baru akan dibuka untuk umum pada Jumat (20/4/2018) dan tiket sudah bisa dibeli pada Kamis (19/4/2018).

Film Black Panther, pahlawan Marvel, sebagai film pertama yang tampil di layar selebar 14 meter di bioskop yang dikelola oleh AMC Entertainment Holdings. (yl)