Connect with us

Politik

SBY Ingin Pemimpin Baru, Siapa Capresnya?

Published

on

Ketua umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi sejumlah petinggi Demokrat saat menggelar konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Selasa (6/2/2018). (jurnalpolitik.id)

Geosiar.com, Jakarta – Mantan Presiden RI sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), berpendapat soal Pilpres 2019. Ia memperkirakan akan muncul pemimpin baru dalam pemilihan umum mendatang.

“Saya akan pasangkan nanti, capres-cawapres yang mengerti keinginan rakyat,” ujar SBY dalam keterangan tertulis Partai Demokrat, Senin (23/4/2018).

Hal itu disampaikannya pada pertemuan dengan warga di Cilegon, Minggu (22/4/2018) malam. SBY selama ini dikenal sebagai king maker. Dia pun berjanji akan mencari pasangan capres-cawapres yang nantinya akan menjadi pemimpin baru Indonesia.

“Insyaallah nanti ada pemimpin baru yang amanah, cerdas dan memikirkan rakyat banyak,” sebut Presiden RI ke-6 itu.

Pernyataan SBY seperti membuat tanda baru dari Partai Demokrat soal Pilpres 2019. Sampai saat ini, Demokrat memang belum resmi menentukan langkahnya.

Walau sempat tampak akan merapat ke petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi), tapi Demokrat masih berkalkulasi. Bahkan elite Demokrat ada yang sempat menyebut mereka akan siap merapat ke koalisi Gerindra, asal calon presidennya bukan Prabowo Subianto.

Kendati demikian, tampaknya Demokrat masih ingin mewujudkan wacana poros ketiga di Pilpres 2019. SBY pun disebut-sebut akan mengajak bertemu Presiden PKS Sohibul Iman, dalam rangka konsolidasi soal poros ketiga itu guna memunculkan capres alternatif.

Rencana itu sudah diawali dengan pertemuan Sohibul dan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan. Pilpres 2019 menjadi bahasannya. (yl)