Connect with us

Dunia

Ri Sol Ju, Istri Kim Jong Un Akhirnya Dapat Gelar ‘Ibu Negara’

Published

on

Ri Sol-ju dan Kim Jong-un. (aolcdn.com)

Geosiar.com, Pyongyang – Ri Sol-ju, istri dari pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, untuk pertama kali dalam 40 tahun disebut sebagai ‘Ibu Negara’.

Gelar ini diberikan oleh media corong pemerintah Korut kepada Ri Sol-ju, istri Kim Jong-un. Selama ini Ri Sol-ju hanya disebut sebagai ‘Kamerad’, julukan untuk pengikut partai sosialis atau komunis. Namun untuk pertama kalinya media Korut KCNA menyebut Ri dalam sebuah tulisannya dengan titel ‘Ibu Negara yang terhormat’ seperti yang dikutip AFP, Kamis (19/4/2018).

Sebelumnya titel ini disematkan untuk Kim Song Ae, istri kedua pendiri negeri itu Kim Il-sung pada 1974. Namun gelar yang sama tidak diberikan untuk Ko Yong Hui istri dari Kim Jong-il, ibu Kim Jong-un.

Menurut kabar yang beredar, titel Ibu Negara diberikan kepada Ri untuk menunjukkan bahwa Korut seakan adalah ‘negara yang normal’ jelang perundingan damai dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Di samping itu, dengan sebutan tersebut Ri akan berada sejajar dengan istri Moon, Kim Jung-sook, dan istri Trump, Melania.

“Mempromosikan Ri Sol-ju merupakan strategi marketing paling efektif,” kata An Chan-il, peneliti dari World Institute for North Korea Studies sekaligus seorang pembelot Korut.

“Pertemuan itu diadakan dengan kesetaraan, jadi jika Melania Trump datang, Ri juga akan datang,” tambahnya.

Lebih lanjut, analisa lainnya adalah Kim tidak ingin melihat Ri seperti ibunya, Ko, yang menjadi bayang-bayang Kim Jong-il. Ko, yang merupakan wanita keturunan Korea-Jepang, memiliki tiga anak dari Kim Jong-il, namun jarang terlihat di samping suaminya selama 28 tahun pernikahan. Ko meninggal pada 2004 diduga karena kanker payudara.

Berbeda dengan Ko, Ri yang selalu tampil cantik dengan pakaian dan tas mewah terlihat diumbar oleh Kim. Dia selalu mendampingi Kim dalam setiap acara, bahkan ikut berbincang dengan tetamu.

“Mungkin Kim Jong-un trauma menyaksikan ibunya hidup di balik bayang-bayang ayahnya. Tumbuh dengan menyaksikan ibunya seperti itu bisa memotivasinya meningkatkan status istrinya, Ri” ujar Shin Beom-chul. (yl)