Connect with us

Kesehatan

Handphone Ternyata Jadi Sarang Bakteri Timbulkan Penyakit

Published

on

Ilustrasi Bakteri (ardibianconeri.blogspot.com)

Geosiar.com, Jakarta – Bakteri terdapat dimana-mana. Tanpa disadari perangkat elektronik yang sering kita gunakan seperti handphone juga menjadi sarang bakteri.

Penelitian terbaru dari ilmuwan dari Universitas Oregon, Amerika Serikat (AS), mengungkapkan bahwa adanya bakteri yang hinggap di handphone kita berasal dari ujung jari-jari kita, selaku organ yang menggenggam handphone kita.

Penyebabnya karena seorang yang menggunakan handphone sebelumnya tidak membersihkan tangannya terlebih dahulu. Sehingga memudahkan bakteri untuk membandal di handphone kita.

Ada empat bakteri yang paling banyak ditemukan dan mampu menginfeksi manusia menurut laman How Stuff Works, yaitu :

1. Pseudomonas Aeruginosa

Bakteri ini yang sangat sering ditemukan di handphone. Hasil riset dari peneliti Nigeria juga menyebutkan bahwa bakteri ini ada hingga 400 unit handphone yang diuji.

Bakteri ini juga memiliki daya tahan yang tinggi. Untuk hidup, Pseudomonas Aeruginosa hanya membutuhkan sedikit nutrisi di berbagai kondisi, seperti di tempat cuci piring, peralatan rumah sakit, hingga handphone.

Parahnya, bakteri ini memiliki kemampuan menolak pengobatan jika terjadi infeksi.

2. Corynebacterium

Bakteri ini adalah salah satu bakteri yang mematikan. Karena bakteri ini mampu menyebabkan penyakit difteri.

Tanda-tanda penyakit yang berasal dari bakteri ini adalah bermula dari pilek dan kemudian demam dengan kondisi badan yang menggigil. Bahkan dapat mengalami serangan jantung.

3. Clostridium Difficile

Bakteri ini dapat menyebabkan diare, demam, mual, sakit perut hingga kehilangan nafsu makan.

4. Yeast

Yeast merupakan bakteri hamur yang hidup hampir diseluruh tubuh manusia. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi penyakit kulit.

Itulah empat bakteri yang sering ditemukan di handphone. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan handphone, baiknya mencuci tangan atau mensterilkan tangan terlebih dahulu dan bersihkan handphone dengan tisu yang dibasahi dengan cairan anti bakteri. (Tees)