Connect with us

Daerah

Bawa Ganja 11 Kg, Pria Ini Dihadiahi Timah Panas Saat Kabur

Published

on

Pengedar ganja dengan barang bukti 11 kg. (detik.com)

Geosiar.com, Sidoarjo – Pelaku  SP (27) alias Kiko warga Manukan Rejo 11, Tandes, Surabaya, yang membawa ganja seberat 11,833 kg, dihadiahi timah panas oleh Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polresta Sidoarjo, saat dirinya berusaha kabur.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji mengatakan bahwa kegiatan tersangka sehari-hari adalah sebagai pelukis tato. Tersangka juga pengedar daun ganja kering yang diperoleh dari Medan dan akan diedarkan ke Bali.

“Kasus ini merupakan hasil dari pengembang kasus sebelumnya pada 27 Maret 2018, dengan barang bukti 8,5 Kg,” kata Himawan kepada wartawan di Mapolresta Sidoarjo, Kamis (19/4/2018).

Himawan juga mengaatakan tersangka mendapatkan daun ganja kering dari Medan, yang dikirim melalui jasa pengiriman kantor pos dengan penerbangan pesawat Lion Air. Setelah dilakukan dengan cara Countrol Delivery ke kantor pos.

“Sekitar pukul 15.00 WIB pada tanggal 17 April 2018, tersangka mengambil paket yang di kemas di dalam kardus,” tambah Himawan.

Himawan menjelaskan untuk mengelabuhi petugas, box paketan yang berisi daun ganja kering tersebut di dalamnya ada alat rumah tangga berupa sapu lantai. Sementara daun ganja dikemas dalam 14 paket, total beratnya 11,833 Kg.

“Karena perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 114 ayat 2 dan pasal 111 ayat 2 UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika. Dengan ancaman maksimal 20 tahun dan minimal 6 tahun bui,” imbuh Himawan. (yl)