Connect with us

Nasional

Amerika dan Sekutu Ajak Indonesia Tekan Suriah

Published

on

Duta besar Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis minta Indonesia tekan Suriah. (skanaa.com)

Geosiar.com, Jakarta – Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis, yang tergabung dalam Duta Besar dari negara koalisi yang menyerang Suriah, mendatangi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Pertemuan bertujuan untuk meminta dukungan Indonesia dalam misi mereka di Suriah.

Moazzam Malik, selaku Duta Besar Inggris untuk Indonesia, serangan rudal negaranya bersama Prancis dan AS adalah untuk membasmi gudang pembuatan senjata kimia yang digunakan Suriah.

Moazzam menganggap tindakan yang dilakukan negara perlu didukung Indonesia. Sebab, Indonesia adalah bagian konvensi Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).

“Kami ingin agar kalian ikut bersama kami warga dan negara di seluruh dunia untuk menekan Suriah dan sekutunya Rusia agar mereka memberi akses bagi tim pencari fakta OPCW masuk ke Douma,” sebut Moazzam seperti di kantor Kemlu, Kamis (19/4/2018).

“Kami juga mengajak Indonesia bekerja bersama dengan kami, untuk mendesak negara-negara di dunia termasuk Suriah dan Rusia untuk menegakkan konvensi (OPCW),” lanjut dia.

Ketika ditanya apakah serangan rudal punya maksud tersembunyi untuk menyingkirkan Presiden Bashar Al-Assad, Moazzam megatakan serangan tersebut tujuannya murni untuk menghancurkan senjata kimia.

“Tujuan kami tidak untuk mengganti rezim yang berkuasa, solusi krisis Suriah adalah proses politik yang harus melibatkan semua pihak,” jelasnya. (yl)