Connect with us

Sumut

Renward Parapat: Penertiban Kendaraan Parkir di Bahu Jalan Dilakukan Rutin

Published

on

Medan, Geosiar.com – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan Drs Renward Parapat mengaku akan melakukan penertiban rutin dan tanpa pandang buluh terhadap kendaraan yang salah parkir dibahu jalan. Penertiban bus dan mobil penjual pulsa yang parkir di badan jalan dilakukan terus menerus guna menciptakan tertib lalulintas di kota Medan.

Komitmen itu disampaikan Renward Parapat (foto) kepada wartawan, Rabu (18/4/2018) menyikapi sorotan anggota DPRD Medan Drs Godfried Effendi Lubis terkait tindakan penertiban Dinas Perhubungan Kota Medan, terhadap bus dan mobil parkir penjual pulsa di badan jalan agar tidak diberlakukan pilih kasih serta musiman.

“Kita tetap melakukan penertiban secara rutin dan gabung dengan Satlantas
Polresta. Terkait penertiban bus di Jl SM Raja, Dishub, Dirlantas dan Satlantas bekerja sama melakukan penertiban. Setial hari apel pagi bersama pukul 6.30 wib di Terminal Amplas terus berlanjut ke lapangan dan melakukan penertiban bus yang parkir di badan jalan sepanjang SM Raja,” sebut Renward.

Ditambahkan Renward Parapat, pihaknya benar sudah berulangkali melakukan penertiban di lokasi yg sama. Pada saat penindakan dilakukan tilang dan penggembosan ban, tapi tetap saja terulang. “Kita berharap para pengemudi jangan mau disuruh jukir melanggar aturan. Kita tidak akan berhenti dan tetap melakukan penindakan. Harapan kita masyarakat taat aturan guna menciptakan lalulintas tetap lancar,” ujar Renward Parapat.

Dalam penertiban di kawasan Jalan Setia Budi/Titi Bobrok, persisnya seputaran warung Mie Aceh, Rabu (18/4). Penertiban  bekerjasama dengan bekerjasama dengan Satlantas Polrestabes Medan  itu dilakukan mengurangi kemacetan. Saat penertiban petugas Dishub menggembosi ban mobil sebanyak 3 unit.  Satu unit mobil  digembosi  ketika parkir di pinggir jembatan, sedangkan dua unit mobil lagi  digembosi saat parkir 45 derajat di bahu jalan. Di samping itu aparat kepolisian melakukan penilangan terhadap  2 unit mobil yang juga kedapatan parkir.

Selain kawasan Titi Bobrok, Dishub dan Satlantas Polrestabes Medan juga melakukan penertiban di Jalan Sei Batang Hari, terutama seputaran RS Bunda Thamrin. Di tempat itu tercatat 12 unit mobil digembosi. Kemudian penertiban dilanjutkan di Jalan Juanda, selain menggembosi 5 unit mobil, polisi juga menilang 2 unit mobil. Terakhir, penertiban dilakukan di seputaran jalan Stasiun Kereta Api, 4 unit mobil digembosi dan 2 unit mobil ditilang.

Sebelumnya, anggota DPRD Medan Drs Godfried Effendy Lubis menyoroti Kinerja Dishub Kota Medan.Godfried bilang penertiban itu jangan musiman atau ibarat “proyek balon”.

DPRD Medan mendorong dan mendukung dilakukan penertiban, penindakan pelanggaran lalulintas yang terbukti menimbulkan kemacetan. Tapi penertiban harus menyeluruh dan jangan pandang buluh. Dinas Perhubungan Kota Medan hendaknya melakukan penertiban bus Angkutan Kota Dalam Propinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Propinsi (AKAP) yang parkir di bahu jalan. (lamru)