Connect with us

Nasional

KPK: Jawa Barat Penyumbang Terbanyak Kepala Daerah yang Jadi Tersangka Korupsi

Published

on

Gedung KPK.

Geosiar.com, Bandung – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangani setidaknya 93 kepala daerah terkait kasus dugaan korupsi. Ternyata provinsi Jawa Barat menempati peringkat pertama penyumbang terbanyak kepala daerah yang menjadi tersangka kasus korupsi, yaitu 12 kepala daerah.

“Disebutkan tadi ada 75 bupati/wali kota dan18 gubernur yang terjerat kasus korupsi. Jadi, ada 93 kepala daerah yang tersangkut kasus di KPK. Kemudian dari 93 itu, 12-nya dari Jawa Barat. Itu merupakan angka tertinggi dibandingkan daerah lain,” kata Kepala Satuan Tugas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan KPK, Asep Rahmat Suwandha, di Bandung pada Rabu (18/4/2018).

Asep mengatakan bahwa angka 12 orang itu menjadi paling tinggi dibanding provinsi lain. Sedangkan Jawa Timur hanya ‘menyumbang’ delapan orang kepala daerah sebagai tersangka KPK.

“Jadi mau enggak mau, Jawa Barat memang tertinggi yakni 12 orang. Sedangkan daerah lain di bawah itu,” kata Asep ditemui usai menjadi pembicara pada Nota Kesepahaman antara KPK dengan Kadin Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate Bandung.

Menurut Asep, ke-12 kepala daerah itu menjadi tersangka terkait beberapa kasus yang berbeda. Bupati Subang Imas Aryumningsih misalnya, terjerat kasus dugaan suap dari pengusaha.

Selanjutnya adalah Bupati Bandung Barat Abu Bakar, diduga menerima suap dari sejumlah kepala dinas untuk kepentingan istrinya maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Tapi banyak juga yang ada kaitannya dengan suap dari pengusaha, itu terkait dengan izin dan lain-lain,” kata dia.

Asep juga menambahkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah tingkat kabupaten/kota harus memiliki komitmen yang kuat agar jumlah kepala daerah yang terjerat kasus korupsi tidak bertambah lagi. (yl)