Connect with us

Dunia

Suriah Layangkan Rudal Asing di Kota Homs

Published

on

Serangan misil di langit Suriah. (tribunnews.com)

Geosiar.com, Damascus – Pemerintah Suriah mengabarkan  sistem pertahanan udara miliknya telah berhasil melayangkan sebuah rudal asing yang ditargetkan ke Provinsi Homs.

Walaupun demikian, laporan yang disampaikan kantor berita Suriah tidak memberikan secara detail tentang siapa pelaku penembakan. Mereka hanya mengatakan, bahwa serangan tersebut bagian agresi militer.

Berdasarkan laporan Badan Pemantau Hak Asasi Manusia (HAM) di Suriah, warga lokal mendengar ledakan besar pangkalan udara Shayrat di tenggara Homs dan di Qalamun yang berada di dekat Damaskus.

“Rudal tersebut tidak berhasil mengenai pangkalan udara,” sebut Kepala Pemantau HAM Suriah, Rami Abdel Rahman seperti dikutip dari AFP, Selasa (17/4/2018).

Israel dan Amerika Serikat membantah keterlibatannya terkait serangan rudal atau misil. Israel mengatakan, insiden tersebut sama sekali tak terkait dengan mereka.

Juru bicara Pentagon, Heather Babb, juga menyangkal keterlibatan Amerika Serikat (AS).

“Tak ada operasi militer AS dan koalisi di area itu,” sahut Babb.

AS menjadi pihak tertuduh karenak pada April tahun lalu, pangkalan udara Shayrat merupakan dihantam rudal tomahawk milik militer AS.

Saat itu, serangan merupakan perintah langsung Presiden Donald Trump. Dia mencurigai, Shayrat adalah tempat penyimpanan dan pembuatan senjata kimia yang digunakan dalam serangan di kota Khan Sheikhun di Idlib. (yl)