Connect with us

Nasional

Menteri Yohana Usul Naikkan Batas Usia Menikah Minimal 20 Tahun

Published

on

Yohana Yembise, Menteri PPPA. (LINE Today)

Gesiar.com, Jakarta – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, mengatakan timnya berusaha melakukan pendekatan kepada salah satu keluarga di Sulawesi Selatan yang berniat untuk menikahkan anaknya yang masih duduk di bangku SMP.

Ia mengatakan hal tersebut tidak sesuai dengan aturan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

“Tim kami sudah ke sana dan akan berusaha bagaimana mencegah ini. Karena kan UU ini masih berlaku UU Nomor 1/1974, jadi ini membutuhkan pendekatan pendekatan khusus dengan keluarga,” kata Yohana di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/4/2018).

“Kami akan menunjukkan ketegasan bahwa pemerintah tetap melindungi hak anak, tidak membiarkan anak-anak menikah di usia anak itu,” lanjutnya.

Diakuinya dari aturan UU tersebut, syarat untuk menggelar pernikahan harus berumur minimal 16 tahun. Namun, dia menjelaskan ada desakan dari beberapa pihak untuk menaikkan umur pernikahan itu.

“Dalam UU 1/1974 memang tercantum di situ anak 16 tahun sudah boleh menikah, namun karena desakan dari masyarakat dan ulama perempuan yang meminta segera menindaklanjuti untuk menaikkan usia nikah pernikahan anak dan itu sudah disetujui,” tuturnya

Karena desakan itu, sebagian besar pihak menginginkan usia untuk seseorang yang ingin menikah harus berumur 20 tahun ke atas.

“Kami sedang menggodok ini di antara dua kementerian, Kementerian Agama dan kami termasuk bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang sangat keras ingin menaikkan usia anak untuk menikah akan dibicarakan untuk menentukan dan lebih cenderung ke 20-an ke atas,” ungkapnya.

Diinformasikan, di Bantaeng, Sulawesi Selatan terdapat pasangan yang masih duduk di bangku SMP yang ingin segera menikah. Mereka terlihat mendatangi Kantor Urusan Agama (KUA) untuk mengikuti bimbingan pernikahan. Diketahui, usia si laki-laki baru 15 tahun dan si perempuan masih 14 tahun. Pernikahan tersebut menjadi viral di media sosial dan kini menjadi bahan perbincangan hangat di masyarakat. (yl)