Connect with us

Nasional

Gempa Bumi Mengguncang Wilayah Maluku Utara

Published

on

Ilustrasi

GeoSiar.com, Maluku – Maluku Utara digunjang gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Halmahera Barat Maluku Utara pada Senin dinihari (16/4/2018) pukul 02.30 WIB.

Gempa terjadi sekitar pukul 02.30 WIB dan berpusat di laut yang berjarak 87 kilometer barat laut Halmahera Barat. Titik gempa berada di kedalaman 10 kilometer dan dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan laporan BMKG, lokasi gempa berada di kedalaman 10 kilometer dengan titik koordinat 1.41 Lintang Utara (LU) – 126.81 Bujur Timur (BT), pusat gempa berada pada 87 km Barat Laut Halmahera Barat Maluku Utara.

Getarannya sampai pula ke Bitung, Sulawesi Utara dengan kekuatan II-III MMI.

Sebagai informasi, pada skala I-II MMI, gempa hanya dirasakan oleh beberapa orang dan ditandai dengan bergoyangnya benda-benda ringan yang digantung.

Sementara skala III-IV MMI, gempa dirasakan di dalam rumah, mulai dari terasa seperti ada truk yang berlalu sampai jendela berderik dan dinding berbunyi karena bergetar. BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi memicu tsunami.

Sampai sejauh ini belum ada laporan kerusakan bangunan milik pemerintah daerah dan masyarakat setempat, termasuk korban jiwa menyusul gempa tersebut. Diharapkan seluruh masyarakat Maluku agar berhati-hati dan jika terjadi gempa susulan agar segera mencari tempat paling aman dari guncangan gempa. (qkhs).