Connect with us

Nasional

Setya Novanto Akan Bacakan Pleidoi Hari Ini

Published

on

Mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto saat keluar dari KPK. (kompas.com)

Geosiar.com, Jakarta – Sidang perkara e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto, rencananya akan dilanjutkan hari ini, Jumat, 13 April 2018. Persidangan mengagendakan pembacaan nota pembelaan atau pledoi Novanto.  Pengacara Novanto, Maqdir Ismail mengatakan pihaknya akan membantah seluruh keterangan penuntut umum.

“Kami akan membantah seluruh apa yang dianggap terbukti oleh penuntut umum,” kata Maqdir sebelum menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (13/4/2018).

Walau begitu, Maqdir belum mau menyebut poin apa saja yang dimaksud. Dia juga masih menyimpan rapat isi pledoi mantan Ketua DPR RI, itu.

“Isinya nanti,” katanya.

Namun, dia menyebutkan jumlah poin yang diungkap dalam pembacaan nota pembelaan hari ini. Novanto sendiri yang akan membacakan pledoinya itu.

Kalau kita ringkasan 100 halaman. Pak Nov sekitar 30 (halaman) di bawah 50 halaman. Kami sendiri sekitar 1.000 halaman,” ujar Maqdir.

Sebelumnya Jaksa KPK menuntut Setya Novanto dengan  pidana selama 16 tahun penjara, atas kasus dugaan korupsi e-KTP. Selain itu, Novanto juga dituntut membayar sebesar Rp1 miliar, serta uang pengganti senilai US$7,435 juta.

Tidak hanya itu, mantan Ketua Umum Partai Golkar itu juga dituntut dicabut hak politiknya selama 5 tahun setelah menjalani masa pidana pokok. (yl)